Tokoh Muda Terbaik Harumkan Nama OKU

oleh -448 Dilihat
Tiga tokoh muda OKU yang meraih Anugrah Inovator Sumsel Tahun 2022. Foto dokumen Humas OKU.
Tiga tokoh muda OKU yang meraih Anugrah Inovator Sumsel Tahun 2022. Foto dokumen Humas OKU.

Kanalberita.id, Baturaja—Tiga tokoh muda terbaik berhasil mengharumkan nama Kabupaten OKU diajang Anugrah  Inovator Sumsel  Tahun 2022.  Nama pemenangnya masing-masing  Agus Sutikno, Pujianto danNurhayati Budiyanti.

Penganugerahan Inovator Sumatera Selatan Bertempat di Griya Agung Palembang Kamis ( 08/12/2022). Hadir Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Ir Hj Tri Aprianingsih. Para pemenang berhak membawa pulang piala dan piagam penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumstera Selatan. Selain itu untuk juara 1 mendapatkan uang sebesar Rp 2.500.000, Juara 2 mendapatkan Rp 2.000.000, dan juara 3 mendapatkan uang sebesar Rp 1.750.000.

Sementara itu karya terbaik yang sudah mengantarkan tiga putera terbaik OKU setelah berhasil berkompetensi bersama 688 peserta lainnya yaitu Agus Sutikno  Petani Inovatif  berhasil meraih terbaik I dengan judul  “ Inovasi Budidaya Ikan Gabus Secara Intensif Upaya Menjaga Kepunahan dari Habitatnya”.  Agus Sutikno juga  tercatat sebagai pemenang  Petani Inovatif  se-Sumsel Versi Tribun Sumsel tahun 2022.

Baca Juga :  Perumda Tirta Raja Suplai Air Bersih ke Warga Terdampak Banjir

Kemudian  Pujianto dosen Unbara  (Universitas Baturaja) sebagai dosen inovatif meraih predikat harapan I di  Anugrah Inovator Sumsel  tahun 2022. Selanjutnya dari Kelompok Masyarakat Umum  inovatif terpilih Nurhayati Budiyanti dengan judul karyanya “ Inovasi Daur Ulang Limbah  Minyak Jelantah Menjadi Sabun Yang  Bernilai Ekonomis”.

Para pemenang berhak membawa pulang piala dan piagam penghargaan dari  Pemerintah Provinsi Sumsel. Selain itu untuk juara 1 mendapatkan uang sebesar Rp 2.500.000, Juara 2 mendapatkan Rp 2.000.000, dan juara 3 mendapatkan uang sebesar Rp 1.750.000.

Ketiga tokoh muda OKU ini   memang  terus berinovasi dibidang masing-masing. Keikutsertaanya di ajang Anugrah Inovator Sumsel  pada  ajang  Inovator Sumatera Selatan Tahun 2022, sudah diprediksi akan mampu menghaurmkan Kabupaten Bejuluk Bumi sebimbing Sekundang.

Baca Juga :  H Teddy Meilwansyah Berdonasi Bangun Pagar Sekolah Roboh

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyampaikan bahwa hal terpenting dalam sebuah inovasi adalah kebermanfaatannya. Dalam kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Sumsel memberikan piala dan piagam penghargaan kepada inovator baik perorangan atau kelembagaan, ini penting karena dengan begitu diharapkan kita lebih siap menghadapi kemajuan zaman. Dikatakan Gubernur, , era digital seperti saat ini harus diimbangi degan SDM yang inovatif, kreatif, dan dinamis agar daerah tidak tertinggal dari tantangan kemajuan zaman. Oleh sebab Deru  menekankan One Day Innovation di Sumsel.

Lebih jauh Gubernur mengatakan, Inovasi tidak harus besar-besaran, tetapi di mulai dari apapun, yang penting ada peningkatan kemanfaatan dalam efisiensi, penghematan, atau segala sesuatu yang lebih membaik dari sebelumnya.  Herman Deru berharap apabila ada inovasi berupa material diharapkan dapat di produksi secara massal, dan jika berupa ide maka akan dibuat agar ada penularan pikiran yang bermanfaat untuk diimplementasikan melalui kerjasama dengan pihak-pihak tertentu.

Baca Juga :  Bupati Sambut Baik Rencana Hidupkan Lagi Pasar Induk Batu Kuning

Sementara itu Kepala Balitbangda Sumsel, Dr Drs Alamsyah, M.Pd menyampaikan  kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaring ide dan gagasan yang merupakan kreatifitas masyarakat Sumsel demi kemajuan daerah untuk mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua Melalui Inovasi. Kegiatan ini dilaksanakan setelah seleksi melalui lomba inovator Sumsel. Diikuti total 688 peserta. Pemenang terdiri atas 17 kategori yang meliputi antara lain bidang pemdidikan, perkebunan, pertanian, Bumdes, kesehatan, koperasi, UMKM, pengabdian masyarakat, pemerintahan, dan pengembangan keluarga. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.