Pejabat Bupati OKU H Teddy Melwansyah STP MM Melakukan Penebaran Bibit Cacing Sutra

oleh -481 Dilihat
Pejabat Bupati OKU H Teddy Melwansyah STP MM melakukan penebaran bibit cacing sutra di apartemen cacing sutra di Desa Martajaya Blok C Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu. Kanalberita.id / Edo.
Pejabat Bupati OKU H Teddy Melwansyah STP MM melakukan penebaran bibit cacing sutra di apartemen cacing sutra di Desa Martajaya Blok C Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu. Kanalberita.id / Edo.

Kanalberita.id, Baturaja—Poroduksi cacing sutra dari kelompok pembudidaya ikan Bening Jaya Mukti  Desa Martajaya Kecamatan Lubuk raja OLU bisa meraup 15 juta per bulan.

Hal itu terungkap saat pejabat Bupati Ogan Komering Ulu H Teddy Meilqansyah SSTP  MM MPd meninjau  lakasi budidaya Cacing Sutra  Martajaya Kecamatan Lubukraja  Kabupaten OKU Selasa (8/1/2024).

Dikesempatan itu Pejabat Bupati OKU H Teddy Melwansyah STP MM melakukan penebaran bibit cacing sutra di apartemen cacing sutra di Desa Martajaya Blok C Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu Selasa (8/1/2024). Pinjaman Bupati Ogan Komering apresiasi kepada kelompok pembudidaya cacing sutra. Ide kreatif dan inovatit kelompok pembudidaya cacing  sutra ini sangat luar biasa dalam mendukung  program kampung ikan gabusyang sudah dicanangkan di Kanupaten OKU, Desa Martajaya memang sudah menjadi budidaya kampung ikan gbus, dan ikan-ikan lainnya di Kabuparen OKU.

Baca Juga :  Dua pemuda Asal OKU Raih Perhargaan Lentera Bumi Sriwijaya

Budidaya cacing sutra dan maggot di Martajaya ini dengan memanfaatkan sampah organik dari rumah tangga dan pasar-pasar.selain bermanfaat untuk pakan ikan Juga sekaligus meminimalisir sampah-sampah yang selama Ini menjadi masalah.

Sementara itu rumah produksi magot dan cacing sutra di Desa Martajaya INI  sudah berjalan dengan baik. Ada sembilan apartemen cacing sutra yang sudah berhasil dalam seyiap bulan bisa menghasilkan 5 kg caving sutra  demgan harga per kg  Rp 100 ribu. Menurut Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan, Gunadi saat ini pihaknya masih memenuhi kwbutuhan untuk pakan ikan lokal khususnya kampun budi daya ikan gabus Maryajaya.

Baca Juga :  Polisi Polres OKU Polda Sumsel Amankan Tersangka Kurir Narkoba

Manfaat dari budi daya cacing ini juga dapat menyerap  limbah pasar dengan maksimal sehingga dapat  menekan angka  produksi sampah organik di Kabupaten OKU.

Dikesempatan itu Pj Bupati juga meninjau pembuatan rumah budi daya maggot yang diketuai oleh Ketua  kelompok, Agus Sutikno menjelaskan, saat ini pihaknya  sedang melakukan  pembangunan rumah produksi maggot  1 unit ukuran 10 X 15 M masa dengan estimasi 1 ton bulan masa produksi 25 hari bisa dipanen. Untuk rumah produksi cacing sutra ukuran 10 X 9 M, untuk cacing sutra ini pertumbuhan lambat 3-4 bulan baru bisa dipanen dengan jual harga per  cup Rp 12.000. Sedangkan  harga maggot Rp 6000/kg. Keunggulan pakan ikan maggot, di antaranya karena Maggot mengandung protein tinggi dan berkualitas yang dibutuhkan oleh ikan, pembuatan yang mudah dilakukan oleh siapa saja dengan biaya produksi yang murah dan terjangkau karena media utamanya adalah sampah organik

Baca Juga :  Si Daraku Maskot Pilkada Kabupaten OKU 2024

Manfaat lain dari Maggot, adalah pengolahan sampah organik yang biasanya banyak diproduksi oleh rumah tangga. Dengan diolah menjadi maggot, sampah akan menghilang dan di saat yang sama akan menjadi makanan untuk ikan (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.