Lewat Kuliah Umum, Semen Baturaja Terapkan Sistem Manajemen K3 Ke Universitas Baturaja

oleh -1306 Dilihat

Lewat kuliah umum PT Semen Baturaja Tbk ( SMBR) perkenalkan penerapan sistem Manajemen K3 kepada mahasiswa Universitas Baturaja (UNBARA). Foto dokumen SMBR

Kabalberita.id, Baturaja—PT Semen Baturaja Tbk ( SMBR) perkenalkan penerapan sistem Manajemen K3 kepada mahasiswa Universitas Baturaja (UNBARA).
Hal itu dipaparkan dalam kuliah umum mahasiswa Fakultas Teknik Lingkungan UNBARA yang dipusatkan di Gedung Auditorium UNBARA, Sabtu (9/9/2023). Hadir dalam kuliah umum sebagai nara sumber antara lain Manager Health & Safety SMBR Masagus Fatahillah, Rektor Universitas Prabumulih Dr. Yuniar Pratiwi, SSi, MSi dan Guru Besar Teknik Lingkungan UNBARA Prof. Dr. Hasmawaty AR, MT serta Rektor UNBARA Ir Lindawati MZ MT.
Kuliah umum yang bertajuk “Penerapan Sistem Manajemen K3 Dalam Upaya Peningkatan Safety Awareness di Lingkungan Kampus Merdeka Universitas Baturaja” ini dihadiri oleh 150 orang mahasiswa.
PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) diwakili oleh Manager Health & Safety SMBR Masagus Fatahillah mengatakan hal ini guna meningkatkan kesadaran akan keamanan dan kenyamanan serta menambah pemahaman akan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan kampus, Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Baturaja (UNBARA).
Dalam materinya Masagus Fatahillah selaku praktisi K3 di lingkungan SMBR memberikan pesan agar safety dapat menjadi budaya sehingga Kampus UNBARA menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh kalangan. Dikatakan Fatahillah di beberapa Sektor industri sudah memiliki regulasi dan standar keselamatan yang harus dipatuhi untuk melindungi pekerja, asset perusahaan dan lingkungan masyarakat. Penerapan serta peningkatan safety awarness bertujuan untuk memastikan bahwa organisasi dan individu dapat mematuhi peraturan dan regulasi ini. ”
Saya berharap Universitas UNBARA memiliki pemahaman yang sama terkait hal ini, sehingga kelak dapat melahirkan lulusan2 terbaik yg saat terjun ke dunia kerja dan industri sudah paham dalam penerapan K3,” papar Fatahillah.
Rektor UNBARA Ir. Lindawati MZ, MT saat membuka kuliah umum ini mengatakan perguruan tinggi sebagai sebuah lembaga pendidikan formal yang salah satu tujuannya adalah mencetak lulusan siap kerja, sangat penting menanamkan nilai safety sejak dini kepada para mahasiswa. “Bukan hanya safety terkait K3 saja yang dikonsep, melainkan safety sebagai nilai, jiwa, dan kultur dalam semua bidang,” ungkap Lindawati.
Rektor UNBARA Ir. Lindawati MZ, MT mengucapkan terimakasih kepada instansi dan perusahaan yang telah memberikan edukasi kepada para Mahasiswa terkait K3. Edukasi ini diharapkan dapat membuat para Mahasiswa lebih memahami apa itu K3 dan dapat menerapkannya dimanapun berada. “Kedepannya Universitas Baturaja akan menerapkan budaya K3 dan SMK3 di lingkungan kampus,” ujar Lindawati dihadapan ratusan mahasiswa.
Sementara itu Vice President of Corporate Secretary SMBR Basthony Santri mengatakan hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat salah satunya di bidang pendidikan.
“Disini peran perusahaan dalam mendukung pendidikan menjadi sangat penting untuk melahirkan para personil yang sungguh-sungguh memahami mengenai prosedur dan implementasi K3,” kata Basthony. (ca)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Dies Natalis ke-25 Tahun UNBARA Meriah dan Bertabur Penghargaan

No More Posts Available.

No more pages to load.