Kebakaran Ruang Kerja Bupati Tidak Menggangu Roda Pemerintahan

oleh -648 Dilihat
Personil Damkar berjibaku memadamkan kebakran di ruang kerjja bupati OKU. 12 Unit armada di datangkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api. foto Kanalberita.id / Edo
Personil Damkar berjibaku memadamkan kebakran di ruang kerjja bupati OKU. 12 Unit armada di datangkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api. foto Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Pasca Kebakaran ruang kerja  Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menjamin aktivitas tetap berjalan normal dan tidak mengganggu kinerja jajaran Pemkab OKU.

Hal itu dikatakan Pj Bupati OKU setelah mengecek gedung pasca kebakaran  Selasa (16/7/2024). Dijelaskan Teddy, untuk sementara bupati  berkantor di ruang sekda atau bisa juga dari rumah dinas. Setelah tim puslabfor selesai melakukan penyidikan dan police line  dibuka  maka bisa memakai ruang kerja wakil bupati yang memang kosong. Selain bupati, ada  lima ruang yang belum bisa diakese karena masih dipasang police line,  meliputi bagian  Humas dan Protokol yang posisinya di depan ruang kerja bupati. Kemudian  di lantai bawah ada Bagian Hukum, Bagian Tapem, bagian Kesra dan Bagian Organisasi, belum bisa diakses. Untuk sementara bekerja dari ruang lain. ” Saya pastikan kebakaran ini tidak menganggu aktivitas pegawai  Pemkab OKU” tandas Bupati.

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah yang baru sampai dari dinas luar langsung meninjau ryang ruang yang terbakar. Kanalberita.id / Edo
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah yang baru sampai dari dinas luar langsung meninjau ryang ruang yang terbakar. Kanalberita.id / Edo

Dikesempatan itu PJ Bupati menjelaskan, gedung kantor pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu memang sudah di asuransikan. “Alhamdulillah gedung Pemkab OKU sudah diasruansikan sehinga kerugiannya bisa klaim ke asuransi,” terang Teddy.  Lebih jauh Pj Bupati menjelaskankan,  setelah selesai penyelidikan dari tim Puslabfor Polda Sumsel maka pihak asuransi segera menghitung kerugian akibat kebakaaran.

Baca Juga :  Personil Polres OKU Test Psikologi, Syarat Pinjam Pakai Senpi

Lebih jauh Teddy mengatakan  pihaknya belum bisa memastikan jumlah kerugian akibat dari kebakaran ini namun di ruangan kerja Bupati memang  tidak ada barang-barang berharga kecuali hanya ada beberapa berkas yang memang tidak bisa diselamatkan. Untuk itu Pj Bupati berjanji akan mengecek kembali berkas apa saja yang ikut terbakar.

Seperti diberitakan sebelumnya,  kebakaran ini pertama kali diketahui oleh personil Pol PP  sekitar pukul 20.30 WIB. Tiga  personil Pol PP yang sedang piket  mendengar bunyi gemeretak (bunyi berdetak detak) di lantai atas Kantor Pemkab OKU, Ketiganya langsung berlari ke lantas 2 dan berbagi dua arah ada  yang ke sebelah kiri dna ada yang mengecek ke sebelah kanan. Ssetelah di cek ternyata ada cipratan cipratan api dari box MCB (Miniature Circuit Breaker)  di lantai atas.bangunan dua lantai ini.

“ Ado bunyi gemeretak di lantai atas, kami langsung berlari ke atas dengan berbagi mengecek di dua arah ada yang kiri dan ada yang ke kanan, rupanya asal suara itu dari box MCB di sbeelah kanan,” terang salah seorang personil Pol PP yang akrab disapa Ef. Selanjutnya ketiganya berusaha memadamkan percikan api yang masih kecil itu dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) , ada juga personil Pol PP yang langsung berlari ke Kantor Pemadam Kebakaran yang posisinya bersebelahan  dengan Kantor Pemkab OKU. Masih menurut Ef (perosnil Pol PP yang sedang piket).

Baca Juga :  Polres OKU Terima Penghargaan Predikat Kepatuhan

Tidak lama berselang  12 unit mobil pemadam  kebakaran tiba di lokasi. Terdiri dari 8 unit armada penyemprot dan 2 tengki air milik Pemkab  OKU  ditambah 2 unit damkar milik PT Semen Baturaja. Petugas damkar berjibaku memadamkan  api yang sudah melalap bagian atao gedung. Upaya pemadaman memang terkendala karena titik api beraada di lantai dua dan di bagian atap , selang penyemprot tidak mampu menjangkau api. Sedankang  di ruang bupati terhalang tembok tinggi dan ada kaca tebal yang harus dihancurkan terlebih dahulu baru bisa menyemrpotkan air .  Api berhasil dijinkan  pukul 22.45 WIB

Disisi lain, kesibukan juga terlihat di lantai dasar tepatnya ruang bagian hukum , para karyawan Pemkab OKU  bahu membahu mengangkat dokumen bagian hukum  untuk diselamatkan. Penyelamatan dokumrn penting ini dikomandoi langsung oleh asisten I Setda OKU Indra Susanto SSos MAP  dibackup oleh  Danramil 403-12 Kota Kapten Inf Surasa bersama puluhan anggota TNI. Upaya pemindahan dokumen  ke tempat aman ini untuk mengantisipasi dokumen penting ini agar tidak basah karena ada  proses pemadaman api di lantai atas. Dilokasi kebakaran juga ada Sekda OKU H Dharmawan Irianto SSos MM, Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni SIK MH, Kabag Ops Kompol Sulstyo SIK, Aisten II H Hasan HD dan para kepala OPD.

Baca Juga :  Direktur SMBR Edukasi Calon Investor Saham Milenial

Menurut Sekda OKU  ruang yang terbakar ruang kerja Bupati dan ruang protokol ” Hanya dua ruang inilah yang terbakar in Syaa Allah tidak ada dokumen penting yang terbakar” kata Sekda dikatakan Sekda  di lantai bawah  ada ruang bagian hukum  dokumen penting sudah berhasil.diamankan dan disimpang di tempat aman.

Kapolres OKU AKBP imam Zamroni SIK MH menejlaskan  Puslabfor Polda Sumsel Segera turun Selidiki Kebakatan Kantor Bupati OKU. “ Kita jadwalkan hari Rabu, Puslabfor Polda  Sumsel segera turun untuk menyelidiki  kebakaran kantor Bupati OKU,” kata Kapolres.  Menurut Kapolres setelh suhu di lokasi kebakaran stabil, tim  Puslabfor Polda  Sumsel segera turun untuk melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Hasil tim Puslabfor Polda nantinya segeera  dapat dikethaui apa penyebab kebakaran kemudian titik api berasala dari mana dan data-data penting speutar kebakran baru bisa diungkap setelah tim turun. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.