PJ Bupati OKU dan Forkopimda Tinjau Demplot Kolam Budidaya Ikan Gabus

oleh -738 Dilihat

Kanalberita.id, Baturaja—Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd dan Forkopimda tinjau demplot kolam utama   budi daya ikan  gabus di Desa Martajaya Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu Propinsi Sumatera Selatan,  Jum’at (4/12/2022).

Pj Bupati OKU H Teddy Meiwansyah SSTP MM MPd didampingi Dandim 0403/OKU bersama Kelompok Pembudidaya Ikan  Mandiri Jaya Desa Marta Jaya Kecamatan Lubukraja OKU. Foto Kanalberita.id / Apriansyah
Pj Bupati OKU H Teddy Meiwansyah SSTP MM MPd didampingi Dandim 0403/OKU bersama Kelompok Pembudidaya Ikan Mandiri Jaya Desa Marta Jaya Kecamatan Lubukraja OKU. Foto Kanalberita.id / Apriansyah

Peninjauan demplot kolam ikan  gabus, Pj Bupati OKU didampingi oleh Dandim 0403/ OKU  Letkol  Inf Ferizal R SIP, Kapolres OKU AKBP Danu Agur Purnomo SIK.  Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan  Ir Hj Tri Aprianingsih. Rombongan Forkopimda OKU diterima oleh Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Gabus Mandiri Jaya,  Agus Sutikno dan masyarakat setempat.

Diktakan Teddy,  kolam demplot yang  sudah selesai dikerjakan  sebanyak 30 unit kolam dari  target keseluruhan kolam  520 kolam untuk 7 dusun yang ada di Marta Jaya. Masing-masing dusun akan menggarap sebanyak 70 kolam dan 30 kolamnya untuk demplot. Ini merupakan percontohan yang nantinya juga akan diikuti oleh masyarakat lainnya. Pembuatan kolam demplot ini dilakukan bersama kelompok pembudidaya ikan  Desa Martajaya. Pj Bupati yang juga didampingi Kadin Perikanan dan Peternakan mengatakan, saat ini tinggal pemasanngan  pipanisasi di kolam demplot utama. Ditargetkan bulan Januari 2023 sudah siap dilakukan penebarna bibit ikan gabus.

Baca Juga :  Perumda Tirta Raja Suplai Air Bersih ke Warga Terdampak Banjir

H Teddy Meilwansyah mengatakan, pihaknya juga bersyukur bantuan dan perhatian pemerintah  dari  berbagai pihak kini  dicurahkan  mendorong percepatan kemajuan  Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan)  Karya Mandiri Jaya. Dari Ditjen KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan ) RI berupa 2 unit mesin cetak pelet apung untuk pakan ikan  Kapasitas  1 kwintal /jam  dan mesin untuk penghalus  untuk bahan pembuatan pelet  pakan ikan dan bantuan 1 ton bahan baku pakan ikan berupa tepung ikan dan bongkel kedelai yang menjadi satu paket dengan mesin pembuat pelet pakan ikan.

Baca Juga :  Audit Surveillance SNI ISO/IEC 17025:2017 Rampung Produk SMBR Terjamin

Sedangkan  Dandim 0403 OKU Letkol  Inf Ferizal R SIP mengatakan, TNI dari Kodim OKU  ikut mendorong percepatan pembuatan kolam demplot. “Alhamdulillah  30 unit kolam demplot utama sudah rampung,” kata Damdim. Dikatakan Dandim untuk pembuatan kolam demplot ini dikerjjakan bersama TNI dari Kodim  setiap hari dikerahkan anggota TNI membantu percepatan pembuatan kolam utama smapai selsai. “Intinya kami mendorong semaksimal mungkin untuk mewujudkan Martajaya menjadi kampung budidaya ikan gabus seperti yang sudah dicanangkan Pj Bupati OKU,” tandas  Dandim.

Baca Juga :  Pj Bupati Bawakan Nasi Bungkus Warga Yang Terdampak Banjir

Sedangkan Ketua Pembudidaya Ikan  Mandiri Jaya Agus Sutikno mengatakan, pihanya bersama anggota kelompok dan masyarakat setempat optimis cita-cita mulia ini segera terwujud. Kehadiran Pj Bupati OKU dan Dandim OKU serta Kapolres OKU dan Kadin Peirkanan dan Peternakan ke lokasi demplot kolam ikan gabus menjadi penambah semangat bagi masyarakat Desa Martajaya. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.