Warga Terdampak Banjir Menginap Di Rumah Dinas Bupati OKU

oleh -636 Dilihat
Korban terdampak banjir mengungsi di Rumah dinas Bupati OKU, dibuka juga dapur umum dan posko kesehatan. Kanalberita.id / Edo
Korban terdampak banjir mengungsi di Rumah dinas Bupati OKU, dibuka juga dapur umum dan posko kesehatan. Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Rumah Dinas Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dijadikan posko penampungan korban banjir dan halaman Rumdin didirikan tenda untuk penampungan dan dapur umum.

Pantauan di lapangan, rumah dinas Bupati OKU kali ini benar-benar menjadi rumah rakyat dan suasana para pengungsi hilir mudik di halaman rumdin. Anak-anak terlihat  berebutan membikin kopi atau teh yang sudah disiapkan dan bisa disedu sendiri. “ Sekali ini kito langsung bisa ngerasokan tiduk di rumah bupati,” kata Muhtar salah seorang pengungsi. Menurut Muhtar dia sebenarnya pendatang dari Lampung sedang berkunjung ke anaknya di Dusun Baturaja lalu  tidak disangka bisa menginap di rumah bupati gara-gara rumah anaknya terendam banjir. “Alhamdulillah saya tadinya sudah tidak berdaya lagi, lalu tim dari BPBD menjemput kami dengan perahu karet dan membawa ke rumah dinas bupati” kata Muhtar.

Baca Juga :  Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Naik Namun Stok Aman

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Hj Zwesti Karena Teddy merupakan ibu paling sibuk yang mengarahkan petugas di dapur umum maupun di guest house. “ Kita berikan pelayanan  maksimal, di sini juga ada tim medis  tadi sudah banyak yang memeriksakan kesehatan, terutama untuk orang tua dan anak-anak, mereka bisa beristirahat dengan nyaman di guest house,” kata Ny Zwesti Teddy.

Barang-barang disusun mulai dari halaman hingga ke pendopo kabupatem ada kopor-kopor bahkan ada juga meja kursi. Bahkan ada juga yang membawa serta hewan peliharaan berupa kucing persia berikut kandang-kandang hewan peliharan ikut mengungsi di rumah dinas Bupati OKU. Moment yang langka ini  membikin warga sedikit terhibur, karena Pj Bupati OKU mempersilahkan seluas-luasnya untuk beristirahat di rumah dinas bupati.

Baca Juga :  Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR MM MT Dikukuhkan Jadi Guru Besar UNBARA

PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM didampingi sekda OKU Dharmawan Irianto SSos MM kepada wartawan menjelaskan, warga Dusun Baturaja yang terkena dampak banjir semuanya diungsikan di Rumah Dinas Bupati. “ termasuk guest house kita bentang ambal dan pengungsi bisa istirahat di sini,” kata Bupati. Selain itu di pendopo kabupaten juga disiapkan untuk pengungsi .

Pemkab OKU juga membuka dapur umum dan sejak magrib ini pengungsi sudah bisa makan dua minum dari dapur umum. Selian di dibangun posko juga di dua titik masing-masing posko dan dapur umum di Desa Laya dan Desa Pusar Kecamatan Baturaja  Barat. Masing-maisng  posko disiapkan tim kesehatan dan obat-obntan serta dbagikan makan untuk balita dari  Dinas Kesehatan OKU. Pemkab OKU juga sudah rapat koordinasi lintas sektoral dengan Forkopimda yang dipimpin langsung oleh Asisten I Pemkab OKU Indra Susanto SSos MAP. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.