Ribuan Pengunjung Berwisata di Gua Putri di Tahun Baru

oleh -1035 Dilihat
Pengunjung Gua Putri berwisata di hari libur tahun baru 2024. Foto Kanalberita.id / Edo
Pengunjung Gua Putri berwisata di hari libur tahun baru 2024. Foto Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Ribuan pengunjung berwisata ke obyek wisata Gua Puteri Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji Kabupaten Ogan Komering Ulu.  Untuk merayakan Tahun Baru 2024.

Koordinator Pengelola Obyek Wisata Gua Puteri, Sarip Doman yang ditemui di lokasi Senin (1/1/2024) menjelaskan sudah ribuan  wisatawan lokal dan luar OKU berdatangan ke obyek wisata Gua Putri. Sejak pagi terpantau wisatawan keluar masuk gua silih berganti sehingga tidak terjadi penumpukan. ” Sampai sore nanti diperkirakan tembus sampai 5000 pengunjung yang merayakan tahun baru di Gua Putri” kata Sarip Doman. Pengunjang  yang  datang banyak juga dari Kabupaten tetangga seperti Kabupaten OKUT, OKUS dan Lampung Waykanan ada juga yang dari Muara Enim. Untuk menghibur penmgunjung juga disuguhi musik dan ada juga lomba lagu. yang boleh diikuti oleh smeua pengunjung.  Karcis masih Rp 10 ribu/orang dan parkir mobil Rp 10 ribu.

Baca Juga :  Lima Besar Lomba Master of Ceremony HUT DWP Dapat Penghargaan

Obyek wisata yang menawarkan keindahan panorama ini semakin hari semakin  menantang untuk dikunjungi,  pada tahun baru 2024 ini tampak banyak wisatawan yang menyerbu  gua yang menyimpan kekayaan tinggalan budaya dan legenda ini. Wisatwan lokal dan luar OKU berdatangan ke obyek wisata yang menawarkan wisata alam yang menakjubkan dan wisata budaya, wisata sejarah, pusat studi  (wisata terpadu). Para wisatawan akan dipandu oleh pemandu wisata yang sudah terlatih dan sudah mendapat sertifikat pel;atihan. Pemandu akan menawarkan pengunjung untuk mberkeliling gua yang sudah mendapat penerangan  yang layak sehingga bisa menyaksikan secara langsung  keindahan Gua Puteri yang melengenda itu. Namu  para  wisatawan agar lebih berhati-hati karena gua relatif lincin  sebaiknya mengguankan alas kaki yang cocok untuk jelajah gua.

Baca Juga :  Desa Tungku Jaya Akan Jadi Sentra Bawang Merah OKU

Obyek wisata yang terletak  di Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji (sekitar 35 KM dari Kota Baturaja) dapat ditempuh sekitar 30-40 menit dengan kedaraan roda 2 atau roda 4  melalui Jalinsum kendaraan pengunjung bisa diparkir di obyek wisata (depan mulut gua). Gua Puteri mudah dijangkau, dari tepi jalan raya  pengunjung cukup berjalan kaki sejauh sekitar 800 M.

Sarana pendukung sekitar dan dalam goa yang sudah dibangun ada diantaranya, tempat istirahat (shelter), penerangan listrik dalam goa, kolam kecil alami tempat cuci muka atau mandi, musollah, MCK, dan warung makanan. Di obyek wisata ini juga terjamin keamanan dan kenyamanan karena disiagakan polisi dari Polsek Semidangaji yang langsung dipimpin Kapolsek Ipda Hartomi. Pos pelayanan juga didukung TNI, Pol PP, Dinkes, Pramuka dan BPBD. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.