Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR MM MT Dikukuhkan Jadi Guru Besar UNBARA

oleh -626 Dilihat
Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM, MT. Foto Kanalberita.id / Apriansyah
Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM, MT. Foto Kanalberita.id / Apriansyah

Kanalberita.id, Baturaja— Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM MT dikukuhkan sebagai Guru Besar UNBARA (Universitas Baturaja). Pengukuhan diselenggarakan di Gedung Kesenian Baturaja Kamis (4/5/2023) dalam  sidang senat khusus terbuka.

Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM, MT. Foto Kanalberita.id / Apriansyah
Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM, MT. Foto Kanalberita.id / Apriansyah

Hadir Bupati OKU diwakili Asisten III H Romson Fitri SH MH, Forkopimda OKU, Ketua LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Ishak Iskandar, MSc, Ketua Senat UNBARA Prof Dr Ir Gribaldi MSi. Kemudian Dewan Guru Besar Sumsel antara lain, Prof M Faizal (Unisky), Prof Yuanita (Unsri), Prof Hilda (Unsri), Prof  Zulkifly (Unsri),    Prof  M Said (Unsri), Prof Waspodo (UBD), Prof Isna Wijayani (UBD),      Prof Djoni Bustan (Unsri), Prof  Sri Haryati (Unsri), Prof Dr Ir H Garaika Hamzah TGM, S.E MM (Ketua Yayasan STIE Trisna Negara). Kemudian Dr H. Helisia Mgh, SH SE MM, (Ketua STIE Trisna Negara), Prof Tofik Toha (Unsri), Prof Dr H Zaidan Nawawi, MS.

Rektor UNBARA Ir Hj Lindawati MZ, MT didampingi Ketua LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Ishak Iskandar, M.Sc menyerahkan SK Menteri sebagai Guru Besar kepada Pro Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM MT. Kanalberita.id / Apriansyah
Rektor UNBARA Ir Hj Lindawati MZ, MT didampingi Ketua LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Ishak Iskandar, M.Sc menyerahkan SK Menteri sebagai Guru Besar kepada Pro Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM MT. Kanalberita.id / Apriansyah

Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM MT  dikukuhkan oleh Prof. Dr. Ishak Iskandar, M.Sc ketua  LLDIKTI wilayah II  dalam sidang senat khusus terbuka. Prop Dr. Ir Hj Hasmawaty AR MM MT dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Baturaja dalam bidang Ilmu Teknik Lingkungan, pada Fakultas Teknik dan Komputer. Prof Hasmawaty dikukuh berdasarkan SK Mendikbud Riset dan Teknologi RI Nomor 19382/M/07/2023, terhitung tanggal 1 Februari 2023 diangkat sebagai Guru Besar.

Baca Juga :  Wisatawan Goa Putri Di Tahun Baru Tembus 1.230 Orang Lebih

Dalam pengukuhan ini Rektor Universitas Baturaja Ir Hj Lindawati MZ, MT mengucapkan selamat kepada Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM MT yang sudah dikukuhkan sebagai guru besar  dalam bidang Ilmu Teknik Lingkungan. Yang juga  sebagai dosen Fakultas Teknik dan Komputer juga merupakan Profesor pertama di Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja dan juga Profesor pertama di Kabupaten Ogan Komering Ulu dalam bidang Ilmu Teknik Lingkungan.  Prof Hasmawaty  adalah profesor ketiga yang pengukuhannya di Universitas Baturaja, sebelumnya ada Prof. Isnawijayani, M.Si, Ph.D guru besar dalam bidang Ilmu Komunikasi yang sekarang  bertugas menjadi dosen di Universitas Bina Darma Palembang dan bidang Ilmu Komunikasi, Lalu  Prof. Dr. Gribaldi, M.Si yang sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja sekaligus Ketua Senat Universitas Baturaja.

Lebih jauh  Rektor Universitas Baturaja mengatakan, Unbara terus tumbuh dan berkembang menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di wilayah Ogan Komering Ulu dan telah melahirkan 10.899 alumni. Pada saat ini terdapat 5 Fakultas di Unbara, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Komputer, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dari 5 fakultas tersebut terdapat 14 Program Studi Strata 1. Unbara juga memiliki Program Pasca Sarjana dengan 2 Prodi yaitu program studi Magister Ekonomi Pertanian, dan program studi Magister Manajemen.

Baca Juga :  Ir H Ulia Mahdi MM Dilantik Jadi Kadin PUPR

Adapun Sumber daya Manusia di Universitas Baturaja juga mengalami peningkatan, saat ini Jumlah dosen berpendidikan S3 ada 12 orang, dan dosen berpendidikan S2 ada 138 orang. Untuk jabatan fungsional Asisten Ahli ada 63 dosen, Lektor 71 dosen, dan Lektor kepala 3 dosen, dan 2 orang Profesor.

Sedangkan  Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM MT sebagai Guru Besar bidang ilmu Teknik Lingkungan dengan orasi ilmiah “Pengelolaan Limbah Cair Terpadu Untuk Pengembangan Kawasan Industri Baru” memunculkan optimisme bagi wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu untuk dapat meningkatkan sistem pengelolaan limbah cair industri untuk melindungi dari terputusnya siklus ekologi lahan dan rusaknya hutan, juga mendukung pelestarian sungai untuk menyelamatkan flora dan fauna di dalamnya, karena air sungai di Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten OKU sampai sekarang ini masih sangat diperlukan masyarakat untuk konsumsi sehari-hari.

Kajian ilmu Teknik Lingkungan ini juga, bisa dijadikan magnet dan kiblat kajian Ilmu Teknik Lingkungan yang lebih berkualitas di wilayah Kabupaten OKU dan sekitarnya. “Proses pengusulan saya menjadi Guru Besar tergolong cukup lama melewati gelombang yang cukup besar dan cukup dramatis, karena sebagian pengusul Guru Besar kendalanya di proses administrasi dan aturan pemenuhan Angka Kredit, namun bagi saya hal ini masih bisa saya ikuti meskipun dalam perjalanannya saya harus melewati berbagai cobaan,

Baca Juga :  Museum Harimau Destinasi Wisata Sejarah Spectakuler di Pulau Sumatera

Sedangkan PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah diwakili Asisten III Romson Fitri SH MH mengatakan pengukuhan guru besar pada lembaga perguruan tinggi tertentu merupakan wujud prestasi yang diraih seorang dosen atau pengajar profesional. Disisi lain keberadaan guru besar adalah keunggulan tertentu bagi program studi atau jurusan keilmuan pada suatu lembaga perguruan tinggi.

Pengukuhan seorang guru besar merupakan kebanggaan bersama bagi kita bahwa Universitas Baturaja mulai hari ini telah memiliki dua orang guru besar. Yang tahun lalu kita juga telah mengukuhkan guru besar yaitu bapak Profesor Doktor Ir Gribaldi MSI dan saat ini Profesor Dr Ir H Hasmawaty AR, MM MT.Ini suatu kebanggan bagi OKU memiliki guru besar dalam bidang ilmu teknik lingkungan pada Fakultas Teknik dan komputer Universitas Baturaja. Untuk itu kepada segenap Civitas akademika Universitas Baturaja untuk mempersiapkan diri menjadi universitas di daerah yang berdaya saing baik secara regional dan nasional. Selain itu keberadaan guru besar di Universitas Baturaja akan semakin memotivasi jajaran rektorat dan dosen-dosen lainnya untuk mengikuti jejak daripada Profesor Hasmawaty. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.