Belum Aman dari Banjir PJ Bupati OKU Carikan Solusi

oleh -540 Dilihat
PJ Bupati OKU H Teddy Meislwansyah SSTP MM MPd dan Kapolres OKU AKBP Arif Harsono SIK MH bersama Wakapolres OKU Kompol Farida Aprillah SH dan PJU Polres OKU meninjau langsung lokasi Banjir. Kanalberita.id / Apriansyah
PJ Bupati OKU H Teddy Meislwansyah SSTP MM MPd dan Kapolres OKU AKBP Arif Harsono SIK MH bersama Wakapolres OKU Kompol Farida Aprillah SH dan PJU Polres OKU meninjau langsung lokasi Banjir. Kanalberita.id / Apriansyah

Kanalberita.id, Baturaja —Kota Baturaja sampai saat ini masih belum aman dari banjir setelah diguyur hujan deras beberapa hari terakhir. Banjir  sejumlah titik di  Kota Baturaja  terpantau masih banjir.

PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd memberikan bantuan sembako kepada wearga yang terdampak banjir. Kanalberita.id / Apriansyah
PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd memberikan bantuan sembako kepada wearga yang terdampak banjir. Kanalberita.id / Apriansyah

Untukmengatasi banjir yang melanda beberapa titik dalam kota Baturaja, Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd bergerak cepat meninjau dan mencarikan solusi banjir.

Seperti yang dilakukan PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd dan Kapolres OKU AKBP Arif  Harsono SIK MH bersama  Wakapolres OKU Kompol Farida Aprillah SH dan PJU Polres OKU meninjau langsung lokasi Banjir di Jalan Pancur RT 3 Dusun 3 Desa Tanjung Baru Kecamatan  Baturaja Timur Kabupaten OKU dan beberapa titik banjir. Tampak juga Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Hemni Rusdi SE, Kapala PU PR Ir H Uliah Mahdi MM, Kepala dinas Perhubungan  Agus Salim SSos MM dan Camat Baturaja Timur Ogan Amrin SSTP MSi, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Tanjung Baru.

Baca Juga :  Bupati OKU Pimpin Upacara Hari Amal Bhakti ke 77 Kementerian Agama 

Peninjaun lokasi yang di lakukan  bertujuan memberikan bantuan berupa sembako dan makan siang terhadap warga yang terdampak banjir. Selanjutnya rombongan dengan mengguna Perahu BPBD melakukan pengecekan lokasi dimana mencari titik pembuangan air akibat  curah hujan yang deras yang mengakibatkan air tergenang sedangkan aliran tempat pembuangan tidak ada. Pemkab OKU juga langsung mengerahkan alat berat untuk membuat siring untuk mengalirkan air yan g tergenang kearah sungai Ogan.

Pembuatan siring akan melewati lahan-lahan milik warga yang secara suka rela menghibahkan tanahnya untuk pembuatan aliran air di Jalan pancur. Menurut Kades Tanjung Baru Subri Bustan SP pemilik lahan atas nama Fahmi dan Zulfikar  dihubungi dan sudah menghibahkan lahannya miliknya untuk dimanfaatkan agar bisa mengalirkan air  menuju Dusun 4 dan Dusun 2 Desa Tanjung Baru yang ada siring besar.

Hingga Selasa (2/5/2023) Kota Baturaja  masih belum aman dari banjir, beberapa titik masih ada genangan air akibat hujan yang mengguyur Kota Baturaja. seperti Kelurahan  Sekar   Jaya, Kelurahan Baturaja Permai, Desa Tanjung Baru dan  Kelurahan kemelak Bandung langit Kecamatan Baturaja Timur kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan.  Di Kelurahan Sekarjaya sejumlah RT yang masih tergenang air  seperti di  RT  7,9,11,12,13,14 . 16,18 dan  di RT diluar komplek yaitu RT 16,18. Sedangkan di RT  15  terisolir dan warga tidak bisa keluar karena akses jalan tergenang banjir. Ketinggi air mulai dari 60 cm hingga d 1,5 M sehingga menghambat masyarakat untuk beraktivitas.

Baca Juga :  Bupati OKU Dan Kapolres Tanda-tangan NPHD E-TLE

Kemudian di RSS Helindo Kelurahan Baturaja Permai khususnya di Blok T sejak tengah malam sudah tergennag banjir. Kemudian Dusun VI Desa Tanjung kemala Kecamatan Baturaja timur juga terendam banjjir. Kemudian wilayah Desa Tanjung Baru yaitu di Jalan Pancur (RT 3 dusun3) RT 3 Dusun 1 Ogan IV juga masih bajir. RT 2 dusun 2 Lorong Iman di Iman Tanjungbaru. Kelurahan  Sukaraya di kawasan Taman sari juga terdampak banjir.

Camat Baturaja Timur Ogan Amrin SSTP MSi menjelaskan, untuk untuk meringankan penderitaan warga yang terdampak banjir ini Pemkab OKU sudah mendirikan posko-posko. BPDB (Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) juga sudah dikerahkan dengan untuk membantu warga yang terdampak banjir musiman ini. Pantauan di lapangan, disetiap titik banjir juga sudah dibuka posko khususnya Posko kesehatan lengkap dengan peralatan medis dan obat-obatan serta mobil ambulance.

Baca Juga :  Car Free Day di Tamkot Baturaja Bisa Belanja Sambil Olah Raga

PLT Kepada Dinas Kesehatan Dedy wijaya SKM Mkes sudah menghimbau masyarakat yang terdampak banjir agar datang ke posko apabila ada keluhan. Di Posko kesehatan juga disesikan obat-obatan dasar. Bahkan Kadinkes menyatakan siap membuka posko kesehatan di tempat-tempat yang dibutuhkan. Pantauan di pokos kesehatan sudah ada beberapa ibu rumah tangga yang datang untuk  memeriksakan kesehatan. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.