KPU OKU Mulai Tahapan Laksanakan Pantarlih

oleh -493 Dilihat

Kanalberita.id, Baturaja—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mulai laksanakan tahapan Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Untuk itu warga diminta untuk kooperatif demi suksesnya Pemilihan Umum Tahun 2024.

Ketua KPUD OKU Naning Wijaya ST. Kanalberita.id / Apriansyah
Ketua KPUD OKU Naning Wijaya ST. Kanalberita.id / Apriansyah

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu,  Naning Wijaya ST yang ditemui di ruang kerjanya Senin (13/2/2023). Menurut Naning  warga masyarakat cukup menyiapkan dan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) saja kepada petugas Pantarlih. Petugas Pantarlih akan melakukan coklit (Pencocokan dan penelitian) untuk didaftar. “Ayo  dukung petugas Pantarlih (Pemutakhiran data Pemilih) demi menyukseskan Pemilihan Umum Tahun 2024” kata Naning.

Baca Juga :  Nama Calon Anggota KPU OKU Yang Masuk 10 Besar

Dikesempatan itu Naning juga menjelaskan, sehari sebelumnya pihaknya sudah melantik sebanyak  1.225  petugas  Pantarlih (Pemutakhiran data Pemilih) se-Kabupaten OKU. Pelantikan dilakukan via zoom oleh Ketua KPU OKU Naning Wijaya ST. Petugas Langsung pencocokan dan penelitian  (coklit) masa kerjanya selama 1 bulan dimulai dari tanggal 12 Februari  sampai dengan 12 Maret 2023 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten OKU menetapkan Keseluruhan Tempat Pemungutan Suara  (TPS) menjadi 1225  ditambah  1 TPS khsusus ( TPS di Rutan). Jumlah TPS untuk tahun 2023 ini berkurangan dibandingkan Pemilu sebelumnya 1242 TPS .

Baca Juga :  PJ Bupati OKU : Kades Jangan Terjebak Politik Praktis di Tahun Pemilu

Lebih jauh Ketua KPU OKU menghimbau agar masyarakat meningkatkan partisipasinya saat petugas melakukan pendataan di lapnangan. Tujuannya untuk memastikan warga  terdaftar sebagai peserta pemilu tahun 2024. Sehingga bisa menyalurkan haknya saat tiba waktunya penyelenggaraan Pemilu.  Dikatakan Naning, sering terjadi warga mengeluh tia menerima undangan pencoblosan, “Mumpung petugas Pantarlih sedang melakukan coklit, warga agar ramai-ramai menunjukan KTP dan KK agar bisa didata,” imbuh Ketua KPU OKU. Nanin juga menjelaskan, petugas Pantarlih dilapangan sudha dilengkapi dengan atribut yang jelas memakain rompi, bertopi menggunakan identitas sebagai petugas Pantarlih sehingga masyarakat akan benar-benar nyaman.

Baca Juga :  Kapolres OKU Ajak Jamaah Berantas Narkoba

Dijelaskan petugas Pantarlih selesai melakukan coklit, dafatar nama penduduk yang  sudah dilakukan pendataan akan di tempel di tempat-tempat umum dan setrategis sehingga mudah dibaca oleh masyarakat . Tujuannya agar warga yang belum terdaftar agar melapor ke petugas untuk dimasukan ke dalam  Daftar Pemilih sementaraa (DPS). di Jadwalkan bulan Juni 2023 akan direleases DPT (Daftar Pemilih tetap)  untuk menjadi acuan  jumlah  daftar pemilih pada pemilihan umum mendatang. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.