Wujudkan Service Excellence KPP Pratama Baturaja Adakan Pelatihan PPNPM

oleh -361 Dilihat
Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Baturaja Drajat Setiharso membuka pelatihan Service Excellence bagi PPNPM. Foto dokumen KPP Pratama Baturaja.
Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Baturaja Drajat Setiharso membuka pelatihan Service Excellence bagi PPNPM. Foto dokumen KPP Pratama Baturaja.

Kanalberita.id, Baturaja—Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja pelayanan bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Baturaja mengadakan Pelatihan Service Excellence untuk PPNPN.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Baturaja Drajat Setiharso yang dikonfirmasi mengatakan, pelatihan bagi PPNPM yang dilaksanakan bekerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan dipusatkan di Aula Ranau Lantai 3 KPP Pratama Baturaja, Sabtu (7/9/2024). Pelatihan diikuti oleh seluruh kompenen PPNPN KPP Pratama Baturaja yang mencakup petugas kebersihan (cleaning service), satuan pengamanan (satpam), dan supir kantor.

Baca Juga :  Tersangka Kasus Pengecor BBM Bersubsidi Dilimpahkan ke Kajaksaan

Dikatakan Drajat Setiharso, bahwa Direktorat Jenderal Pajak sedang mempersiapkan diri dalam menyongsong Reformasi Perpajakan di tahun 2025. Salah satu pilar penting di dalamnya adalah kualitas dari sumberdaya manusia yang mumpuni, berkinerja tinggi, dan mampu memberikan pelayanan yang sempurna kepada wajib pajak. Sehingga pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas kinerja PPNPN KPP Pratama Baturaja.

Nara sumber / pemateri pelatihan adalah Rama Sugandhi, M.Psi. Psikolog dari Bank BRI. Seluruh PPNPN yang mengikuti pelatihan dibekali dengan berbagai materi yang mencakup tiga poin utama yaitu pelayanan prima (service excellent), penerapan disiplin kerja, dan bermain peran (role play). Setiap peserta pelatihan dibagi sesuai dengan cakupan pekerjaan yang diemban masing-masing.

Baca Juga :  Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Naik Namun Stok Aman

Pada pelatihan petugas kebersihan (cleaning service), mereka dibekali tata cara penampilan (grooming), memahami kebutuhan pemangku kepentingan, dan praktik penggunaan alat-alat kebersihan. Untuk pelatihan bagi satuan pengamanan, para satpam diberikan materi berupa pemahaman dasar satuan pengamanan, tata cara menghadapi wajib pajak, sampai role play pelayanan.

Menurut Rama Sugandhi, diharapkan pembekalan yang diberikan pada pelatihan ini dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban PPNPN di lingkungan kantor. Tambahnya, situasi regulasi dalam rekrutmen pegawai pemerintah sekarang sudah menjalankan praktik outsourcing sehingga ini menjadi pemacu dan tantangan bagi PPNPN untuk memaksimalkan diri dalam memberikan layanan terbaik.

Baca Juga :  AKBP Arif Harsono Dan Isteri Jadi Orang Tua Asuh Anak Stunting

Salah satu peserta dari uni Scurty (Satpam) KPP Pratama Baturaja, Arman mengatakan pelatihan bagi PPNPM sangat membantu sekaligus memotivasi dalam pelayanan pengamanan dan pengabdian dalam bekerja. “Pelatihan ini sangat membantu kami semua dalam sekaligus memotivasi kami dalam pengabdian kami dalam melayani wajib pajak dengan sebaik-sebaiknya.” kata Arman. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.