Tanah Longsor Di Ulu Ogan Disebabkan Hujan Terus-Menerus

oleh -1346 Dilihat
Tanah Longsor Di Ulu Ogan Akibat Hujan Terus-Menerus, Jum’at (10/3/2023).
Tanah Longsor Di Ulu Ogan Akibat Hujan Terus-Menerus, Jum’at (10/3/2023).

Tanah Longsor Di Ulu Ogan Akibat Hujan Terus-MenerusHujan dengan Intensitas tinggi hampir diseluruh Kabupaten Ogan Komering Ulu menyebabkan tebing di Desa Gunung Tiga Kecamatan Ulu Ogan, longsor dan nyaris menimpa rumah warga setempat, Jum’at (10/3/2023).

Camat Ulu Ogan Yan Kurniawan SSTP mengatakan bahwa Peristiwa tanah longsor terjadi dua kali, longsor pertama terjadi sekira pukul 05.00 WIB. Menyebabkan material longsoran berupa bambu dan tanah menutup badan jalan utama dari Desa Ulak Lebar menuju Desa Gunung Tiga.

“Ya benar tanah longsor di Desa Gunung Tiga Kecamatan Ulu Ogan,” Kata Camat Ulu Ogan Yan Kurniawan SSTP dikonfirmasi via pesan WhatsApp.

Baca Juga :  RSUD Dr Ibnu Sutowo Baturaja Buka Dapur Umum Makan Gratis

Dikatakan Yan, setelah dirinya mendapat laporan dari warga langsung turun kelokasi kejadian dan melakukan gotong royong bersama warga setempat.

“Longsoran pertama tidak terlalu parah hanya memakan badan setengah badan jalan, nah saat kita bergotong royong kembali terjadi longsor yang cukup parah bahkan nyaris menimpa dua unit rumah warga,” tuturnya.

Lebih lanjut Camat Ulu Ogan mengatakan, bahwa tanah longsor ini diduga akibat dari hujan lebat yang mengguyur seluruh wilayah Kabupaten OKU sejak beberapa hari terakhir. Material tanah bercampur lumpur menutupi badan jalan sehingga menyebabkan akses jalan terganggu.

“Untuk sementara akses jalan ditutup, masyarakat dialihkan ke jalur alternative lainnya, sementara untuk masyarakat sekitar terutama dua unit rumah yang nyaris tertimpa longsor untuk sementara waktu di ungsikan ke tempat yang lebih aman,” tambahnya.

Baca Juga :  Polres OKU Polda Sumsel Sosilisasikan e-TLE

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono SIK, MH, melalui Kasi Humas Polres OKU, AKP Syafaruddin mengatakan, meski tak menelan korban jiwa, bencana alam yang terjadi cukup membuat repot warga dan membuat warga terisolir di beberapa desa.

“Tak ada korban jiwa, namun terdapat 2 rumah warga di Desa Gunung Tiga yang mengalami kerusakan pada bagian terasnya,” kata AKP Syafaruddin.

Dikatakan Kasi Humas, dari informasi Polsek ulu Ogan 2 rumah warga yang mengalami rusak adalah rumah milik Imhan (43) dan Sri (40). Sampai saat ini personel Polsek Ulu Ogan bersama perangkat desa, BPBD dan masyarakat masih standby di lokasi kejadian.

Baca Juga :  Tanah Seluas 5.261 M2 Diduga Dicaplok, Pemilik Akan Pasang Pagar

“Ya, saat ini Anggita Polsek Ulu Ogan dan Anggita BPBD masih standby dilokasi menunggu alat berat untuk memindahkan tanah longsor tersebut dari jalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD OKU Amzar Kristofa melalui Kapusdal Ops BPBD OKU Gunalfi mengatakan bahwa anggota BPBD OKU telah diterjunkan kelokasi.

“Sudah dilokasi, untuk informasi lainnya akan kami infokan selanjutnya,” tandasnya via pesan whatsAppnya. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.