Rakornas Kebijakan Toponimi dan Batas Daerah Suksesakan Pemilu Serentak

oleh -783 Dilihat
Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menghadiri Rakornas Kebijakan Toponimi dan Batas Daerah dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak Tahun 2024, di Ballroom Hotel Grand Horison Serpong Tangerang Banten. (Kamis, 10/11/2024). Foto dokumen Humas Pemkab OKU
Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menghadiri Rakornas Kebijakan Toponimi dan Batas Daerah dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak Tahun 2024, di Ballroom Hotel Grand Horison Serpong Tangerang Banten. (Kamis, 10/11/2024). Foto dokumen Humas Pemkab OKU

Kanalberita.id, Jakarta—Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menghadiri Rakornas Kebijakan Toponimi dan Batas Daerah dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak Tahun 2024, bertempat di Ballroom Hotel Grand Horison Serpong Tangerang Banten, Kamis (10/11/2024).

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebijakan Toponimi dan Batas Daerah yang dibuka langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo di Ballroom Hotel Grand Horison Serpong Tangerang Banten. Rakornas ini dihadiri oleh Para Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, Kementerian dan Lembaga Terkait seperti Kemenko Marves, Kemenkeu. Kemudian Kementerian ATR/BPN, Kementerian Desa PDTT, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BRIN, BPS, KPU, serta Direktorat Topografi Mabes TNI

Baca Juga :  KPU Pastikan Tidak Ada Penambahan Kursi Di DPRD OKU

Rakornas Kebijakan Toponimi dan Batas Daerah yang bertajuk Tertib Administrasi Batas Daerah Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintah Merupakan Momentum dalam Mensukseskan Penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2024.

Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menyampaikan, revisi Keputusan Menteri ini dilakukan untuk mengakomodasi penyesuaian dan penetapan kode dan data wilayah administrasi pemerintahan pada setiap tingkatan. Penyesuaian dan penetapan kode dan data administrasi daerah menjadi hal krusial bagi keberlangsungan daerah-daerah di Indonesia. Misalnya, kode dan data daerah selama beberapa tahun terakhir telah digunakan untuk keperluan berbagai aspek mulai dari perizinan dan berbagai aplikasi pelayanan daring. Akurasi dan ketepatan kode dan data daerah juga sangat diperlukan bagi penyelenggaraan pemilihan umum. Atas alasan ini, rapat koordinasi nasional kebijakan toponimi juga mengikutsertakan Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilu Serentak Tahun 2024.

Baca Juga :  Kodim OKU Dorong Percepatan OKU Sentra Budi Daya Ikan Gabus

Disela acara, Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten OKU berkomitmen kuat dalam penataan tapal batas daerah sebagai salah satu upaya mensukseskan Pemilu 2024. Rakornas ini digelar untuk memperkuat arti penting penyelenggaraan dan pemanfaatan data toponimi dan batas daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, penyusunan peta tematik dan mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.

Teddy Meilwansyah juga mengatakan wilayah Kabupaten OKU memiliki 13 Kecamatan dan 157 Desa dan Kelurahan. Pemerintah Kabupaten OKU sangat perlu memperhatikan tentang Toponimi dan Batas Daerah menjelang Pemilu 2024. “Kebijakan Toponimi itu berkaitan penamaan satu wilayah, seperti Desa dan Dusun misalnya. Itu tentu besar sekali pengaruhnya di Pemilu 2024 berkaitan dengan data KPU dan lembaga yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu lainnya. Tujuannya untuk mensukseskan Pemilu 2024,” ujar Teddy Meilwansyah. (ca )

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.