H Teddy Meilwansyah Wujudkan Senyum Manis Penderita Bibir Sumbing

oleh -796 Dilihat
Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd hadiri langsung operasi gratis bibir sumbing. Foto dokumen Prokopim OKU
Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd hadiri langsung operasi gratis bibir sumbing. Foto dokumen Prokopim OKU

Kanalberita.id, Baturaja—Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd wujudkan senyuman baru kepada belasan penderita bibir sumbing yang ada di Kabupaten OKU.

Besalan  penderita bibir sumbing kini sudah bisa tersenyum baru dengan ceria dan lebih percaya diri setelah mengikuti operasi secara gratis yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu di RSUD Dr H Ibnu Sutowo Baturaja, Sabtu (24/2/2024).

Hal itu disampaikan Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM Mpd  didampingi Kabag Prokopim setda OKU Febriandi SE kepada wartawan. Menurut Teddy, mayoritas yang dioperasi  anak usia 03 bulan sampai 17 tahun. Setidaknya 12 pasien sudah dilakukan operasi bibir sumbing gratis pada kegiatan Baksos operasi Bibir sumbing yang digelar Pemerintah Kabupaten  OKU melalui RSUD Ibnu Sutowo Baturaja bekerjasama dengan Yayasan Ummi Romlah dan Smile Train di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja.

Baksos  dipimpin ketua Yayasan Ummi Romlah sekaligus dokter yang melakukan operasi Dr. Iqmal Perlianta, SpBP.RE, Subsp, K.K.(K) beserta timnya. Direktur RSUD Ibnu Sutowo Baturaja dr Rynna Dyana Rahman MKM dan dr Dody Numirsyah Sp.B.Turut hadir mendampingi PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, Sekda OKU Darmawan Irianto S.Sos MM, Asisten III Setda OKU H Romson Fitri SH MH dan Kepala Dinas Kesehatan OKU Deddy Wijaya SKM MKes.

Baca Juga :  Wujudkan Pelayanan Prima Kepada Pencari Keadilan Polisi Dan Jaksa Tingkatkan Sinergitas

Dikatakan Teddy, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian melalui kolabirasi dan sinergi bersama yang berdampak positif bagi masyarakat. Jika melihat data Kementrian kesehatan lanjutnya jumlah pasien bibir sumbing dalan pertahun mencapai 7500. Melalui kolaborasi dan sinergitas ini pemerintah dan pihak terkait ingin meringankan beban masyarakat, terutama keluarga yang tidak mampu yang anaknya, saudaranya ada kelainan yakni bibir sumbing dan langit-langit mulut tidak normal bawaan lahir.

Diharapkan kegiatan ini bisa dilakukan secara bersinambungan dan dapat membantu masyarakat. Menurut  Teddy  pihak Yayasan Ummi Romlah serta Smile Train tidak membatasi jumlah pasien. Dikatakan Pj Bupati OKU pemerintah Kabupaten OKU mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Ummi Romlah, Smile Train dan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja yang telah menginisiasi kegiatan mulia. “Operasi bibir sumbing gratis ini , memberikan perubahan besar bagi pasien, mereka bisa  senyum dan tawa ceria “ kata Teddy dengan nada bahagia.

Baca Juga :  Wisuda Universitas Baturaja Periode Februari 2023, Dengan Total 10.899 Alumni

Dikatakan Teddy,  kegiatan mulai ini dapat berhasil merubah  masa depan penderita bibir sumbing ini semakin cerah, pasien yang sudah dioperasi bisa mewujudkan senyuman baru . Khusus bagi anak-anak, memiliki efek yang luar biasa dan memberikan harapan baru untuk  menatap masa depan yang lebih cerah. Anak-anak akan lebih percaya diri pergi ke sekolah dan bersosialisasi dengan teman-teman  sebayanya.

Dikesempatan itu  Ketua Yayasan Ummi Romlah baksos ini  diikuti 12 pasien yang operasi serta 10 pasien yang melakukan kontrol setelah  dioperasi. Rata-rata pasien yang dioperasi  anak usia 03 bulan sampai 17 tahun.

Baca Juga :  TINDAK BULLYING TERHADAP SISWA SERTA SOLUSINYA

Kegiatan ini lanjutnya gratis untuk penderita bibir sumbing, Yayasan Ummi Romlah dan Smile Train telah menyediakan seluruh logistic sehingga setiap pasien yag datang bisa dilakukan operasi secara gratis. “Operasi bibir sumbing ini gratis, bahkan jika ada pasien yang berasal dari pelosok yang ingin operasi pemkab OKU bersama tim siap mebantu,” kata

Terpisah salah seorang orang tua pasien mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten OKU melalui  PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah bersama Yayasan Ummi Romlah dan Smile Train yang  telah melaksanakan kegiatan operasi bibir sumbing secara gratis.”Sebelumnya anak saya  sering kali mengalami masalah dalam makan dan berbicara tidak jelas, mau operasi tapi mahal untung ada operasi gratis ini,” kata salah seroang orang tua pasien  dengan nada syukur. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.