, , , ,

Petugas Damkar OKU Gugur Dalam Tugas Memadamkan Kebakaran

oleh -472 Dilihat
Petugas Damkar (Pemadam Pemadam Kebakaran ) Kabupaten Ogan Komewring Ulu atas nama Dio Suharyadi bin Suradi (34) gugur dalam tugas. Kanalberita.id / Apriansyah
Petugas Damkar (Pemadam Pemadam Kebakaran ) Kabupaten Ogan Komewring Ulu atas nama Dio Suharyadi bin Suradi (34) gugur dalam tugas. Kanalberita.id / Apriansyah

Petugas Damkar OKU Gugur Dalam Tugas Memadamkan Kebakaran

 

Kanalberita.id, Baturaja—Petugas Damkar (Pemadam Pemadam Kebakaran ) Kabupaten Ogan Komewring Ulu atas nama Dio Suharyadi bin Suradi (34) gugur dalam tugas. Dio dinyatakan meninggal dunia setelah dirawat di ruang  ICU  RSUD dr Ibnu Sutotwo  sekitar 9 jam.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Aminilson SSos MM mengatakan, Dio Suharyadi dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 06.00 WIB setelah dilakukan pertolongan diruang ICU. Menurut Aminlison, Dio sebenarnya sedang off namun karena panggilan jiwanya Dio datang dan langsung bergabung dengan temannya-temannya. Bahkan Dio yang memang terkenal gagah berani ini langsung memimpin di garis depan. Di tengah hujan lebat dan kobaran api  Dio berjibaku memadamkan api, saat  itulah resplang yang sudah terbakar runtuh dan menimpa kepala Dio.Almarhum meninggalkan isteri atas nama Widya Astuti (34).

Dio Suharyadi gugur dalam tugas saat  bertugas memadamkan kebakaran  rumah permanen berlantai 2 (dua)  milik Zamri (56)  pensiunan Kantor Pos Baturaja (BUMN) di Jalan Kolonel Wahab Sarobu, Lorong Seri RT.02 Dusun 03 Desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kamis (30/11/2023) malam.. Saat terjadi kebakaran sebenarnya Kota Baturaja sedang diguyur hujan lebat.

Baca Juga :  Semen Baturaja Tak Henti Berikan Bantuan

Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd yang ditemui  di rumah duka Jumat (1/12/2023)  mengatakan Dio sangat aktif.  Sejak korban dilarikaan ke rumah sakit bupati sudah melihat kondisi korban. Pagi harinya Bupati juga sudah melayat, Dio disemayamkan di rumah  H Rahman Edwin (alm) yang juga kerabat Dio. Bupati OKU menegaskan semua hak-hak Dio akan diberikan termasuk asuransi. Bupati mendoakan agar Dio diterima disisi  Allah  SWT dan keluarga yang ditingggal.diberi kesabaran. “Kita akan urus semuanya termasuk asuransi dan hak-hak almarhum untuk diberikan kepada kelaurganya,” kata Bupati. Dikatakan bupati, memang suam peuygas Damkar diasuransikan.

Baca Juga :  Dr Heri Amalindo Resmikan Rumah Bersama Kabupaten OKU

Informasi dilapangan menyebutkan,   musibah kebakaran terjadi sekitar pukul 18.48 WIB, api baru bisa dijiankan pukul 21.10 WIB Kebakaran itu diketahui pemilik rumah setelah mendengar suara alarm mobil, kemudian korban mengecek mobil yang berada di garasi. Setelah sampai di garasi Zamri melihat api telah membakar sebagian badan mobil. Lalu api menyambar atap garasi sehingga api langsung menyebar keseluruhan bagian rumah lantai bawah dan lantai atas. Melihat api yang semakin membesar korban berteriak meminta tolong kepada  warga sekitar, selanjutnya warga beserta RT menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk  memadamkan api di depan rumah. Tidak lama kemudian datang 5 unit mobil damkar (2 mobil tanki suplay dan 3 mobil tembak) yang langsung berjibaku memadamkan api. Warga dengan dibantu aparat Kepolisian dan TNI berusaha membantu memadamkan api yang telah membesar dan menghanguskan rumah berlantai dua tersebut. Akibat dari kejadian itu, Zamri mengalami kerugian berupa satu unit rumah lantai dua beserta barang-barang dalam rumah serta satu unit kendaraan minibus Innova tahun 2009 yang berada dalam garasi. “Total kerugian ditaksir sekitar Rp  600 juta” kata Aminilson.

Baca Juga :  PT Semen Baturaja Tbk Salurkan Bantuan dan Santunan Rp 500 Juta Lebih Di HUT ke-49

Ratusan warga, keluarga. Kerabat dan teman-teman  ikut mengantar   Dio Suharyadi bin Suradi ke tempat peristirahatan terakhir di  di TPU Babatuan Sekar Jaya Kecamatan Baturaja Timur.

Upacara pelepasan  dan penyerahan jenazah yang dilakukan di halaman Masjdi Al-Amin dihadiri juga oleh Kapolres OKU AKBP Arfi Harsono SIK  MH, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten OKU. Aminilson SSos MM dan sejumlah kepada OPD. Ucapan duka cita dan papan bunga duka berdatangan  sebagai penanda  kesedihan  atas berpulangnya petugas pemadam kebakaran yang pemberani dan memegang teguh jiwa korsa sejati. (Ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.