Pemkab OKU Pasang Internet Gratis Di Kecamatan Lengkiti

oleh -168 Dilihat
Pemkab OKU memasang jaringan internet gartis di Desa Segara Kembang dan Desa Bunga Tanjung Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Foto dokumen Dinas Kominfo Kabupaten OKU.
Pemkab OKU memasang jaringan internet gartis di Desa Segara Kembang dan Desa Bunga Tanjung Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Foto dokumen Dinas Kominfo Kabupaten OKU.

Kanalberita.id, Baturaja— Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memasang jaringan internet gartis di Desa Segara Kembang dan Desa Bunga Tanjung Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Pemkab OKU melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten OKU berhasil membangun Tower Base Transciever Station (BTS) di kedua desa tersebut.  Hal itu dikatakan H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd  didampingi Kadin Kominfo Kabupaten OKU OKU Priyatno Darmadi S.Sos MSi. Peluncuran dan peresmian penggunaan internet desa itu dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd, di balai Desa Segara Kembang, Kamis (21/12/2023).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi OKU Priyatno Darmadi S.Sos MSi menjelaskan pembangunan internet desa dianggaran melalui APBD Perubahan Tahun 2023. Proyek itu telah dimulai sejak 11 November 2023 oleh PT Cyber Techno Indonesia, dan pada awal Desember 2023, masyarakat dua desa di Kecamatan Lengkiti sudah dapat mengaksesnya. Menurut Priyatno, jangkauan internet desa ini mencakup area hingga 500 m² dengan pemancar dari 1 tower BTS Triangle yang dilengkapi dengan 3 akses point. Masa aktif layanan internet ini mencapai 1 tahun, dan setiap akses point dapat melayani hingga 200 pengguna, sehingga totalnya dapat dinikmati oleh 600 orang masyarakat. “Program internet desa ini merupakan inisiatif langsung dari Bapak Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dan menjadi program perdana yang menggunakan anggaran pemkab OKU. Selain itu, ini juga merupakan bagian dari program Smart City, di mana OKU termasuk salah satu dari 50 kabupaten yang menerima program ini,” urai  Priyatno.

Baca Juga :  Gelapkan Uang Rp 101 Juta Hasil Penjualan Sales Rokok Dipenjara

sementara itu Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menyatakan bahwa di era kemajuan teknologi saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Oleh sebab itu, Pemkab OKU berupaya membuka akses internet seluas-luasnya di seluruh kecamatan, meskipun hal ini dilakukan secara bertahap karena keterbatasan anggaran. Teddy menjelaskan bahwa internet memiliki peran penting sebagai sumber informasi dan komunikasi, memungkinkan masyarakat mengakses berita dan promosi potensi desa dengan mudah. Ia juga mengingatkan pentingnya menggunakan internet secara bijak dan sehat, serta menghindari penyebaran informasi hoaks.

Baca Juga :  Danrem 044 /Gapo Tinjau Demplot Kolam Budidaya Ikan Gabus

Sejak dilantik sebagai PJ Bupati OKU, Teddy menetapkan tiga program skala prioritas, termasuk akses jalan yang layak, sekolah yang memadai, dan membuka akses internet di desa-desa yang masih blank spot.Bupati berharap internet dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Segara Kembang dan Bunga Tanjung. “Alhamdulillah, setelah Indonesia Merdeka, baru pada tanggal 21 Desember 2023, masyarakat Desa Segara Kembang dan Bunga Tanjung dapat mengakses internet. Kami berharap ini membawa berkah bagi masyarakat, dan yang terpenting, internet ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian desa ini,” ungkapnya. Dikatakan  Teddy bahwa program internet desa sifatnya  berkelanjutan. Kedepan diharapkan 12 desa akan segera mendapatkan akses internet seperti ini. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.