Pangdam II/Sriwijaya Bantu Bibit Ikan Gabus Untuk Kampung Budidaya Ikan OKU

oleh -737 Dilihat
Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Yanuar Adil bersama Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansayah SSTP MM MPd menebar bibit ikan di kolam demplot ikan gabus Desa Martajaya Kecamatan Lubukraja. Kanalberita.id / Edo
Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Yanuar Adil bersama Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansayah SSTP MM MPd menebar bibit ikan di kolam demplot ikan gabus Desa Martajaya Kecamatan Lubukraja. Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Yanuar Adil bantu 10 ribu bibit ikan gabus yang  langsung ditebar di kolam demplot kampung budidaya ikan gabus  di  Desa Martajaya Kecamatan Lubukraja Kabupaten OKU Rabu (20/12/2023).

Pangdam dan rombongan diterima oleh Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd dan Dandim  0403/OKU Letkol Inf Harri Feriawan  Rumawatine. Bibit ikan gabus diterima  oleh Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Karya Mandiri Jaya Agus Sutikno. Penebaran bibit ikan gabus di kolam dempolt kampung budidaya ikan gabus dilakukan oleh Pangdam, Dandim dan Pj Bupati OKU didampingi Kepala Dinas Perikanan  dan Peternakan Kabupaten OKU It Hj Tri Aprianingsih.

Baca Juga :  Ribuan Guru Dan Siswa Ikuti Jalan Sehat HUT PGRI Dan HGN 2023

Bantuan sarana perikanan  terus mengalir  ke Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) dan Poklahsar (Kelompok Pengelolaan dan Pemasar Ikan di Kabupaten OKU Ogan Komering Ulu). Dikesempatan itu  Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menjelaskan Kelompok Pembudidaya Ikan Desa Martajaya Kecamatan Lubukraja Kabupaten   OKU  sudah  menekuni budidaya ikan gabus sejak tahun2019 dan sudha pernah panen perdana  vukb Juli lalu dnegan hasil sekitar 4 kwintal. Kini memasuki musim penebaran bibit kembali,” Terima Kasih pak  Pangdam sduah membantu 10 ribu ekor  bibit ikan gabus,” kata Teddy.

Dijelaskan Teddy, di kampung budidaya ikan gabus ini  sudah tersedia fasiitas-fasilitas pengolahan ikan.  Pokdakan Karya Mandiri Jaya, Lubukraja  dibantu Pemkab OKU 1 unit alat ekstrak minyak Albumin . Alat pembuatan abon (Kompor gas, tabung dan Kuali masing-masing dua unit). Selain itu juga sudah mebangun rumah maggot untuk pakan ikan dan rumah cacing sutra bantuan dari SMBR.  Kedepan kampung budi daya ikan gabus ini akan menjadi centra gabus mulai dari pembibitan sampai ke industri hilir menjjual albumin. 33 kolam bioflok ini hanya percontohan saja, kedepan akan dibangun ratusan kolam ikan gabus di Desa Martajaya dan sekitarnya.Bupati juga mengatakan, prorgam ini terwujud berkat sinergitas Oemkab OKU melalui dinas Perikanan dna Peternakan dan kelompok pembudidyaya ikan yang diketuai Agus Sutikno.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU Tinjau Langsung Banjir

Dikesempatan itu Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Yanuar Adil memuji ide dan gagasan kelopok pembudidya ikan yang mendapat suppot penuh dair Pemkab Oku dibawah kepemimpina PJ Bupati OKU H Teddy Mielwansyah SSTP MM Mpd. Dikatakan Pangdam, kedepan diharapkan kampung budidaya ikan ini akan menjadi contoh desa-desa lain dan Kabupaten yang ada  di Sumsel. “Produksi ikan dari Martajaya ini bila perlu sampai ke Palembang bahkan ke Jakarta,” kata Pangdam apalagi ikan gabus merupakan bahan baku pempek dan kerupuk Palembang. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.