Pemkab OKU Dukung Survey Seismik 2D Amalia

oleh -555 Dilihat
Penandatangan Berita acara Sosialisasi Survey Seismik 2D Amalia SKK Migas-PT Pertamina EP. Kanalberita.id / Edo
Penandatangan Berita acara Sosialisasi Survey Seismik 2D Amalia SKK Migas-PT Pertamina EP. Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Pemerintah Kabupaten OKU mendukung rencana Survey Seismik  2D Amalia SKK Migas-PT Pertamina EP. Selama pelaksanaan survey atau beroperasi di Kabupaten OKU akan memberikan manfaat mendorong kesejahteraan masyarakat sekiar.

Hal itu disampaikan PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda OKU Dharmawan Irianto SSos MM pada kegiatan  Sosialisasi Survei Seismik 2D Amalia di Hotel The Zuri Baturaja Selasa, ( 11/12/2023). “ Kita bantu kelancaran seismik, apabila ada kendala segera konsultasikan dengan pihak-pihak terkait,” imbuh Bupati.

Hadir dalam Sosialisasi Survey antara lain, Bambang Dwi Djanuarto (SKK Migas Sumsel), Field Supervisor Pertamina Regional I Zona 4 Ilham Togi Sihombing, Pelaksana survey dari PT Elnusa Andi Mahri. Kemudian Danramil 403-01 Pengandonan Kapten Hasan Kapten Hasan Jabar Tanjung, Kapolsek Semidang Aji Ipda Hartomo, Camat Muara Jaya, Pengandonan, Semidang Aji serta dinas instansi terkait. Lebih jauh bupati menjelaskan, tujuan setrategis dari kegiatan seismik ini adalah untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang bermuara kepada kesejahtraan masyarakat.

Baca Juga :  Menjelang Dilantik ASN PPPK Wafat, Teddy Undang Ibunda Erfan Fahrizal

Diksempatan itu  Bambang Dwi Djanuarto dari SKK Migas Perwakilan Sumbagsel menjelaskan, dalam upaya mewujudkan ketahanan energi nasional dan merealisasikan produksi minyak 1 juta barel per hari, SKK Migas-PT Pertamina EP menggelar Sosialisasi Survei Seismik 2D Amalia di Hotel The Zuri Baturaja. Sedangkan kawasan yang dilewati survei di Kabupaten Ogan Komering Ulu meliputi 3 kecamatan yaitu Kecamatan Semidang Aji, Kecamatan Pengandonan dan Kecamatan Muara Jaya.

Survei seismik 2D Amalia merupakan survei tahap awal, secara sederhana survei ini sepert irontgen atau ultrasonografi (USG) untuk mengetahui kondisi di dalam tubuh kita, namun yang membedakan jika rontgen atau USG pasiesn  yang datang ke rumah sakit, sedangkan dalam survei ini petugasnya yang datang ke wilayah-wilayah tersebut untuk memotret lapisan bawah permukaan bumi. Daerah yang disurvei merupakan daerah yang beruntung karena tidak semua daerah bisa mendapatkan kesempatan dilewati survei ini.

Baca Juga :  Warga Desa Penantian Serahkan Senpira Ke Polsek Sosoh Buay Rayap Polres OKU

Adapun tahap pelaksanaannya dimulai dari perizinan, kemudian sosialisasi tingkat kabupaten, sosialisasi tingkat kecamatan, topografi (pengukuran lintasan), penyiapan lintasan, pendataan lahan yang dilewati survei, sosialisasi desa, pengeboran dangkal, penanaman sumber getar, pendataan fisik bangunan,perekaman, setelah ituperbaikan fisik bangunan dan kompensasi sesuai dengan peraturan yang berlaku, tidak ada pembebasan lahan dan diakhiri dengan penutupan.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari segenap elemen masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu, agar Survei Seismik 2D Amalia yang diamanahkan negara kepada Pertamina EP dan dilaksanakan oleh Elnusa ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga mendapatkan data lapisan bawah permukaan bumi terbaru guna memenuhi kebutuhan energi nasional di masa mendatang” kata Bambang Dwi Djanuarto. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.