OKU Bertekad Wujudkan Pemilu Zero Konflik Dan Bisa Dinikmati Bersama

oleh -794 Dilihat
Foto bersama anggota KPU OKU dan awak media di Morning bersama awak media di Ball room Grand Jati Hotel BIL Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Kamis (14/12/2023). Kanalberita.id / Apriansyah
Foto bersama anggota KPU OKU dan awak media di Morning bersama awak media di Ball room Grand Jati Hotel BIL Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Kamis (14/12/2023). Kanalberita.id / Apriansyah

Kanalberita.id, Baturaja—Masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bertekad sepakat mewujudkan Pemilu tahun 2024 zero konflik   dan pesta demokrasi bisa dinikmati bersama.

Hal itu terungkap pada acara Coffee Morning KPU OKU bersama awak media di Ballroom Grand Jati Hotel BIL Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Kamis (14/12/2023). Temanya kali ini “Peran media dalam mendukung penyebaran informasi pemilu dan Kepemiluan”. Kegiatan diikuti oleh sekitar 124 awak media massa yang melakukan tugas jurnalistik di Kabupaten berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang.

Ketua KPU OKU Naning Wijaya  ST mengatakan,  tujuan untuk mensosialisasikan Pemilu 2024  agar partisipasi pemilu sesuai harapan. Dikatakan Naning, dengam bantuan media sebagai lembaga kontrol sosial dan fungsi edukasi yang meelakt pada tugas wartawan, maka  media sangat sangat berpotensi untuk membantu penyelengara pemilu dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. Dikatakan Naning ,  yang palinmg penting meningkatkan partisipasi pemilih dan terselenggaranya Pemilu  yang Luberjurdil.” Untuk target partipisai pemilih 85 persen,  minimal sesuai target nasional” terang ” Ketua KPU OKU.

Baca Juga :  Tokoh Muda Terbaik Harumkan Nama OKU

Nara sumber dari Polres  Kapolres OKU diwakili Kasi Intel AKP Hendry Atonius SH, Kajari OKU diwakili  Kasubsi Sospol Bid   Intelijen Kejaksaan Negeri OKU Abdullah Arby SH MH, dari Akademisi oleh  Dr Hendra Alfani SSos MIkom (Pakar Komunikasi Politik), dari Bawaslu diwakili Staf Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa M Riski Avansa SH dan dari KPU OKU disampaikan oleh Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat  dan SDM , Dony Mardiyanto SH.

Baca Juga :  Sebanyak 65 anggota PPK Di Kabupaten OKU Dilantik

Dikesempatan itu  dibahas tentang peran media  massa. khususnya untuk mengcounter isu-isu  hoax  yang beredar di medsos. Sebab  isu yang ada di medsos itu sekedar informasi, hiburan, humor. medsos tidak jelas siapa yang bertanggung jawab. Sedangkan yang dihasilkan pers itu berupa produk  jurnalistik. Berita yang dihasilkan pers ada penanggung jawabnya.Untuk itu awak media melaksanakan fungsi pers  secara profesional  dan bisa dipertanggung jawabkan.

Pakar Komunikasi Politik,  Dr Hendra Alfani SSos M Ikom  dalam materinya  dengan judul “ Optimalisasi Peran Media Menyukseskan Pemilu 2024” dihadapan awak media mengatakan,  media yang berada di ruang publik agar menjalankan fungsinya sesuai aturan karena pertanggung jawaban tertinggi kepada publik. “Pemilu menjadi ruang uji bagi jurnalis disamping kode etik wartawan, pertanggung jawaban tertinggi media adalah kepada publik,” tandas pakar Komunikasi Politik yang juga mantan wartawan di Sumsel.  (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.