Lima OPD OKU Dapat Penghargaan BPS

oleh -985 Dilihat

Kanalberita.id, Baturaja—Lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ogan Komering Ulu mendapat penghargaan versi Biro Pusat Statistik (BPS).

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ogan Komering Ulu mendapat penghargaan versi Biro Pusat Statistik (BPS). Foto Kanalberita.id / Apriansyah
Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ogan Komering Ulu mendapat penghargaan versi Biro Pusat Statistik (BPS). Foto Kanalberita.id / Apriansyah

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BPS Kabupaten OKU Mukti Riyadi SST MSI pada acara Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten OKU Dalam Angka Tahun 2023 di Hotel The Zuri,  Kamis (16/2/2023).

Lima OPD Terbaik di OKU  Versi BPS  Dapat Penghargaan meliputi,  Dinas Dinas Komunikasi dan Informasi sebagai instansi Ter- responsif dalam pemenuhan Data Statistik Tahun 2023. Kemudian penghargaan kategori Kontribusi Data Terbaik Dalam Publikasi Kabupaten OKU Dalam Angka Tahun 2023 diberikan kepada 4 OPD OKU. Empat OPD terbaik itu masing-masing, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Baca Juga :  Pemkab OKU Pasang Internet Gratis Di Kecamatan Lengkiti

Hadir dan seklaigus membuka Focus Group Discussion (FGD) Baturaja Pj Bupati OKU diwakili sekda OKU DR H Achmad  Tarmizi, Kasi Humas POlres OKU  AKP Syafaruddin SH, Kepala OPD dan instansi vertikal yang ada di OKU.

Kepala BPS OKU Mukti Riyadi SST MSi mengatakan, Focus Group Discussion, dalam rangka untuk meningkatkan kualitas data statistik sektoral,  yang melibatkan seluruh OPD, instansi vertikal, BUMN dan BUMD yang terkait dalam penyusunan publikasi Kabupaten OKU Dalam Angka.

Secara nasional setiap Provinsi/Kabupaten/Kota melakukan penyusunan Publikasi yang dikenal dengan Daerah Dalam Angka. Penyusunan publikasi DDA bertujuan untuk menyediakan informasi bagi pemerintah baik pusat maupun  daerah serta masyarakat pengguna data untuk dipakai sebagai bahan perencanaan, evaluasi dan pengambilan keputusan.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU dan Forkopimda Tinjau Demplot Kolam Budidaya Ikan Gabus

Cakupan data dalam Publikasi Daerah Dalam Angka meliputi, Keadaan Geografis dan Iklim. Pemerintahan, Penduduk dan Ketenagakerjaan, Sosial dan Kesejahteraan Rakyat, Pertanian, Industri, Pertambangan dan Energi, Pariwisata,  Transportasi dan Komunikasi. Kemudian Perbankan, Koperasi dan harga,  Pengeluaran penduduk,  Perdagangan, Sistem Neraca Regional, Perbandingan antar kabupaten.

Kegiatan FGD ini akan membahas ketersediaan data pada setiap OPD , Instansi, BUMN dan BUMD yang didalamnya terkelompok dalam data utama dan data tambahan. Termasuk juga konsistensi data antar tabel dan antar tahun produk data.  Selain membahas Data Publikasi Kabupaten OKU Dalam Angka, BPS  juga  melakukan sosialisasi Sensus Pertanian 2023 (ST2023).Tujuan dari Sensus Pertanian 2023 ini adalah untuk memotret perubahan struktur pertanian Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Selain itu juga menyediakan kerangka sampel bagi survei-survei yang akan dilaksanakan di antara dua sensus untuk mengumpulkan statistik pertanian yang lebih rinci. Serta, menyediakan data yang digunakan sebagai benchmark dan rekonsiliasi statistik pertanian. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.