Letkol Harri Feriawan Pimpin Bersihkan Gunung Sampah Di Tiang Jembatan

oleh -466 Dilihat
Ratusan personil TNI bersama OPD terkait di jajaran Pemkab OKU berjibaku turun ke Sungai Ogan untuk membersihkan sampah yang terperangkap di tiang-tiang penyangga jembatan. Foto Kanalberita.id / Edo
Ratusan personil TNI bersama OPD terkait di jajaran Pemkab OKU berjibaku turun ke Sungai Ogan untuk membersihkan sampah yang terperangkap di tiang-tiang penyangga jembatan. Foto Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Ratusan anggota TNI, dan OPD OKU membersihkan gunung sampah yang terperangkap di tiang-tiang  penyangga jembatan Ogan 3 Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Dandim 0403/OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine yang memimpin pembersihan sampah saat ditemui di lokasi Rabu (2/10/2024) menjelaskan, jumlah anggota yang dikerahkan sebanyak 400 orang, terdiri dari 100 TNI, DLH , BPBD, Damkar dan PU Perkim.

Petugas membongkar dan mengevakuasi sampah yang  terperangkap di tiang-tiang penyangga jembatan. Tidak mudah membongkar gunung sampah ini karena banyak pohon-pohon besar yang tersangkut, sedangkan sampah-sampah bercampur lumpur yang sudah menyatu harus dipecah-pecah dengan cara menyemprot baru bisa dipisah-pisah dan diangkut dari tenagh-tengah sungai. “Pekerjaan ini sudah yang ke-2 kali dilakukan dan berharap hari ini tuntas,” kata Dandim.

Baca Juga :  Penjabat Bupati OKU Lantik Tiga Pejabat Eselon II Dan Dua Administrator

Ditegaskan Dandim pembersihan sungai dari sampah yang tersisa pasca banjir bandang beberapa bulan lalu memang mendesak dibersihkan. Sebab bulan-bulan ini sudah memasuki musim hujan. Mumpung air masih dangkal dan petugas bisa membawa alat-alat berat ke tengah-tengah sungai untuk memotong dan memisah-misah  tumpukan sampah yang sudah menyatu dengan lumpur yang sudah mengering setingggi gunung.  Ada juga kayu seukuran drum terperangkap di tiang penyangga jembatan yang sudah selesai dipotong-potong dan di musnahkan.

Baca Juga :  Kapolres OKU Pimpin Kenaikan Pangkat Reguler, Pengabdian Dan PNS Polri Periode 1 JULI 2023

Menurut Dandim, waktu banjir bandang 5 bulan lalu jembatan Ogan 3 sempat goyang dihantam banjir. Kondisi semakin parah karena sampah yang terperangkap di tiang penyangga menghambat arus air. Upaya pembebasan tinag penyangga jembatan dari sampah yang terpeangkap ini kata Dandim untuk meminimalisir dampak banjir, apalagi saat ini mulai memasuki musim penghujan.

Kegiatan karya bhakti yang melibatkan seluruh  elemen masyarakat ini dalam rangakaain memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79. Dengan Tema ”TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Sukses Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju ” Kodim 0403/OKU menggelar kegiatan karya bhakti yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial serta mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat.

Baca Juga :  Dwi Meiliyanti Dapat Toyota Yaris Dari Bank Sumsel Babel Baturaja

Tampak dilapangan , Kasdim 0403/OKU Mayor Inf  Sariyo, ada juga Danramil 403-12 Kota Kapten Inf Surasa, Pasiter Lettu CZI Nosiyudi dan personil bersama pihak dari PU, DLH dan BPD serta Damkar bahu membahu membersihkan sampah yang terperangkap di tiang-tiang penyangga jembatan Ogan 3. Selain di jembatan Ogan 3, juga di jembatan Ogan 1 dan 2 serta jembatan Ogan 4 juga dilakukan pembersihan sampah. sejumlah alat seperti chainsaw, alat penyemprot alat pengangkat kayu dari mobil mataerial dikerahkan . (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.