Kelola Lingkungan Secara Berkelanjutan, Semen Baturaja Raih PROPER Hijau 2023 Dari KLHK RI

oleh -795 Dilihat
Direktur Utama SMBR Suherman Yahya saat menerima penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Peringkat Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Foto dokumen SMBR
Direktur Utama SMBR Suherman Yahya saat menerima penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Peringkat Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Foto dokumen SMBR

Kanalberita.id, Baturaja—Dipenghujung tahun 2023, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) kembali berhasil meraih penghargaan yang cukup bergengsi.

Kali ini SMBR berhasil meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Peringkat Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Penghargaan PROPER ini diterima langsung oleh Direktur Utama SMBR Suherman Yahya di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/12/2023 dalam acara Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah. Penghargaan PROPER Hijau diberikan kepada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan, memanfaatkan sumber daya secara efisien dan melaksanakan tanggung jawab sosial dengan baik.

Baca Juga :  246 Calon Jamaah Haji Dilepas Langsung Bupati OKU Teddy Meilwansyah

Dirut SMBR Suherman Yahya menilai keberhasilan ini membuktikan komitmen SMBR terhadap praktik bisnis berkelanjutan yang telah dijalankan. Selaras dengan visi perusahaan Menjadi Green Cement Based Building Material Company  terdepan di Indonesia. Serta mendukung penerapan prinsip Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals(SDGs) yang diterapkan oleh perusahaan.

“Pencapaian SMBR memperoleh PROPER Hijau merupakan bukti bahwa perusahaan telah melampaui persyaratan (beyond compliance) yang mencakup penerapan sistem manajemen lingkungan, upaya efisiensi energi, upaya penurunan emisi, pemanfaatan sumber daya secara efisien melalui upaya 4R (Reduce, Reuse, Recycle dan Recovery), serta pengelolaan limbah B3 dan non B3,” ungkap Suherman.

Baca Juga :  Pemerintah OKU Bagikan Reward Atlit Porprop

Wujud dari komitmen ini adalah keberhasilan SMBR melalui program inovasi berkelanjutan yang telah dijalankan, diantaranya Program Efisiensi Energi melalui Program efisiensi energi proses penggilingan semen dengan penambahan Cement Grinding Aid (CGA) sebagai penurunan indeks terak, inovasi ini berhasil menurunkan energi sebesar 222.630,67 GJ. Selanjutnya Program Penurunan Emisi yang berhasil menurunkan emisi sebesar 20.441,60 Ton CO2 eq melalui Program penambahan CGA dalam proses penggilangan semen. Terakhir Program Efisiensi Air melalui program pemanfaatan air backwash, inovasi ini mampu menurunkan beban pencemaran air sebesar 36.394,5 m3.

Baca Juga :  Semen Baturaja Raih Dua Penghargaan Zero Accident

Suherman Yahya mengungkapkan rasa bangga kepada seluruh insan SMBR. “Terima kasih atas kerja keras seluruh insan SMBR yang telah mendukung dan memberikan kontribusi yang terbaik“ kata Suherman seraya mengatakan penghargaan ini menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus meningkatkan praktik dan komitmen terhadap lingkungan dalam upaya mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.