Aneka Kuliner Jadul Hingga Kekinian Dijual di Pasar Bedug Baturaja

oleh -482 Dilihat

Kanalberita.id, Baturaja—Aneka kuliner jadul (jaman dulu)  dan  tradisional  seperti lemang hingga makanan kekinian seperti hamburger dan lainnya ada dijual di Pasar Badug Taman Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Propinsi Sumatera Selatan.

Suasana pembukaan Pasar Bedug oleh PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd. Kanalberita.id / Apriansyah
Suasana pembukaan Pasar Bedug oleh PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd. Kanalberita.id / Apriansyah

Pembukaan Pasar Bedug dilakukan oleh PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd Kamis (23/3/2023). Tampak hadir  Kapolres OKU AKBP Arif Harsono SIK MH, PJ Sekda OKU Dharmawan Irianto SSOs MM, Dandim 0403/OKU Letkol Inf FerIzal R. SIP, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Kelas IB Hendri Agustian SH MHum. Asisten I dan III, Kepala Dinas Koperasi UKM Ermuni Suarimin SPt MSi, Ketua TPPK  Ny Hj Zwesti Karenia Teddy, PJ Ketua DPW OKU Ny Wahidah Dharmawan, para Kepala OPD dan  undangan lainnya.

Baca Juga :  Pertamina Hulu Energi Ogan Komering Respon Cepat Salurkan Bantuan Korban Banjir Di OKU

PJ Bupati OKU berpesan agar  para pedagang menjaga kesehatan dan kaamaman bahan-bahan makanan yang sebagai bahan kuliner yang dijual di pasar bedug. PJ Bupati menghimbau agar pedagang menggunakan bahan makanan yang aman dikonsumsi ” Petugas dari tim terpadu akan memeriksa secara rutin makanan yang dijual di pasar bedug. Gunakan bahan-bahan yang sehat dan aman’ imbuh Plh Bupati. Ditegaskan Plh Bupati apabila ditemukan ada pedagang yang nakal yang memggunakan pengawet makanan yang membahayakan kesehatan maka akan ditindak lanjuti oleh tim yang berwenang.

Selain itu Teddy juga berpesan kepada para pedagang dan pembeli agar menjaga kebersihan  di Taman Kota Baturaja. Dikatakan  Teddy kebersihan harus diutamakan apalagi disini tempat berjualan makanan. Apabila  lingkungannya bersih maka akan terhindar dari penyakit. Teddy juga memerintahkan dinas tekait agat memperhatian kebersihan dan keindahan lokasi pasar bedug.

Baca Juga :  Belum Aman dari Banjir PJ Bupati OKU Carikan Solusi
Pemberian bantuan kepada anak panti oleh Bupati OKU. Kanalberita.id / Apriansyah
Pemberian bantuan kepada anak panti oleh Bupati OKU. Kanalberita.id / Apriansyah

Dikatakan Teddy Pasar Bedug ini merupakan tempat bertemunya pedagang dan pembeli juga sekaligus tempat bersilaturahmi. Selain itu juga tahun ini merupakan  yang kedua kali sejak new normal dibuka pasar bedug setelah dua tahun berturut-turut tidak diselenggarakan karena masa Pandemi Covid-19. Namun tahun ini berkat kerja bersama jajaran  Dinas kesehatan ,TNI-POLRI, BIN semua pihak yang terlibat berhasil mengendalikan Covid-19 hingga Kabupaten OKU saat ini  sudah zero  covid-19 namun masih tetap waspada.

Baca Juga :  OKU Terima Penghargaan Kampung KB Pada Harganas XXXI
PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd
PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd

Kepala Dinas Koperasi UKM Ermuni Suarimin SPt MSi mengatakan, tahun ini Dtercatat 200 UKM yang berhasil dihimpun untuk berjualan di Pasar Bedug Baturaja.  Dinas Koperasi dan UKM juga menmasilitasi 40 unit tenda untuk menampung pedagang berjualan semuanya disiapkan gratis. Tujuannya untuk menumbuhkan dan meningkatkan perputaran ekonomi bagi usaha kecil di bidang kuliner selama bulan puasa.

Ketua TP PKK OKU Hj Zwesti Karenia Teddy
Ketua TP PKK OKU Hj Zwesti Karenia Teddy

Pada kesempatan itu PJ Bupati OKU memberikan bantuan kepada anak-anak panti asuhan Mustika, panti asuhan An-Nur dan panti asuhan Asyaniyah, dengan tujuan menyambung tali kasih dan rasa sosial Pemerintah Kabupaten OKU. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.