Ponpes Alam Al – Iskandariy Modern Gratiskan Biaya Pendidikan

oleh -1880 Dilihat
Haflah ke Ponpes Alam Al – Iskandary Modern yang dilaksanakan di halaman Ponpes. Kanalberita.id / Edo
Haflah ke Ponpes Alam Al – Iskandary Modern yang dilaksanakan di halaman Ponpes. Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Ponpes (pondok Pesantren)  Alam Al – Iskandariy Modern di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang merupakan satu-satunya ponpes yang menggratiskan biaya pendidikan bagi santrinya.

Hal itu dikatakan Pengasuih/Pemimpin Ponpes Alam Al – Iskandary Modern Ust Farkhan Jadid SpdI pada peringatan Haflah ke 3 Ponpes Alam Al – Iskandary Modern yang dipusatkan di halaman Pondok, Minggu (4/8/2024) malam. Hadir Pj Bupati OKU diwakili Asisten III H Romson Fitri SH MH, Kakan Kemenag OKU Dr H Muhammad Ali SAg MpdI, para pengasuh ponpes yang ada di OKU serta masyarata sekitar pondok.

Ust Farkhan Jadid SpdI yang didampingi Pembina Yayasan SAHABAT SEJATI AL – ISKANDARY (yang menaungi Ponpes), beralamat di Jalan Gotong Royong, Lorong  Belimbing, Danau ogan mati, Desa Tanjung Kemala, Kecamatan  Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu Propinsi Sumatera Selatan.

Dikesempatan itu  Ust Farkhan Jadid SPdI menjelaskan,  Ponpes Alam Al – Iskandariy Modern berdiri sejak tahun 2001, awal  berdirinya hanya ada 4 orang santri yang bermukim di pondok, ditambah dengan pengajian anak anak di sore hari. Seiring berjalannya waktu pesantren terus  berkembang dan pada tahun 2023  sudah  mendapat ijin operasional. Setelah mendapat izin oprasional  ponpes  mulai menerima santri dari masyarakat terutama kaum dhuafa dan yatim piatu.” Semua biaya untuk menjadi santri di sini semua ditanggung oleh yayasan , mondok disini gratis  dari  pendaftaran sampai selesai masa pendidikan,” terang Ust Farkhan.

Baca Juga :  H Teddy Meilwansyah Sholat Ied Bersama Masyarakat Di Taman Kota Baturaja

Pembina Pondok Pesantren Alam Al – Iskandariy Modern  Prasetyo Widodo yang juga didampingi pimpinan pondok, Ustadz Farkhan Jadid menjelaskan, saat ini jumlah santri tercatat sebanyak 50 orang. Santri yang ada ini baru duduk dikelas 1 dan 2 setingkat SLTP, sedangkan para pengajar semuanya alumni dari Ponpes Gontor Jawa Timur.

Dikatakan Ust Farkhan, Ponpes menerapkan  Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) merupaka kurikulum yang  diadopsi oleh pondok pesantren Gontor. Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), berisi 100 persen ilmu pengetahuan umum dan 100 persen ilmu pengetahuan agama. Di Pondok Pesantren Alam Al – Iskandariy Modern  juga mempunyai program unggulan yaitu Leader Ship dan Bahasa (kepemimpinan dan ilmu agama). Untuk itu Ponpers Al – Iskandary Modern menerapkan dua bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ( 2 minggu Bahasa Arab dan 2 minggu Bahasa Inggris). Dua  bahasa ini wajib digunakan dalam berkomunikasi, apabila ada yang melanggar maka akan diberikan sanksi” jelas Ust Farkhan seraya menjelaskan sanksi  kepada santri tentunya yang sifatnya mendidik.

Baca Juga :  KPPN Baturaja Buka Forum Komunikasi Publik

 

Sementara itu Pj Bupati OKU diwakili Asisten III H Romson Fiutri SH MH mengatakan, pondok pesantren memiliki peran yang sangat setrategis dalam mencetak generasi peneruys bangsa yang berakhlaku karimah. Memiliki ilmu pengatuan yang luas, serta mampu menghadapi tantangan zaman. Ponpes Alam Al – Iskandary Modern Baturaja selama ini telah menjalankan amanah tersebut. Dengan lingkungan yang mendukung serta metode pendiudikan yang baik, pesantrean berhasil mencetak santri santri yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara spiritual.

Baca Juga :  Dies Natalis ke-25 Tahun UNBARA Meriah dan Bertabur Penghargaan

Tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini tidaklah mudah, perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat membawa dampak yang signifikan, baik positif maupun negtatif. Disinilah peran pondok pesantren menjadi sangat penting, sebagai benteng moral dan spiritual, serta sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Ogan Komering Ulu  Dr H Muhamad Ali SAg MPdI memberi apresiasi kepada pesantren  yang  telag menggratiskan semua biaya-biaya pendidikan di   Pondok Pesantren Alam Al – Iskandariy Modern, tidak dipungut biaya. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.