Tekan Inflasi Pj Bupati OKU Dorong Kelompok Tani Tanam Cabai

oleh -285 Dilihat
Penjabat Bupati OKU H Tedy Meilwasayah SSTP MM MPd saat melakukan panen raya cabai merah di Desa Karya Jaya Kecamatan Sinar Peninjauan.Foto dokumen Humas Pemkab OKU
Penjabat Bupati OKU H Tedy Meilwasayah SSTP MM MPd saat melakukan panen raya cabai merah di Desa Karya Jaya Kecamatan Sinar Peninjauan.Foto dokumen Humas Pemkab OKU

Kanalberita.id, Baturaja—Tingginya harga cabai merah menjadi  salah satu penumbang inflasi di Kabupaten OKU. Solusinya adalah dengan memacu dan mendorong petani untuk menanam komoditi cabai.

Demikian dikatakan Penjabat  Bupati OKU H Tedy Meilwasayah SSTP MM MPd saat melakukan panen raya  cabai merah  di Desa Karya Jaya Kecamatan Sinar Peninjauan, Rabu (22/02/2023).

Kelompok tani cabai di Desa Karya Jaya sukses dengan produksi cabainya yang luar biasa dalam 1 hektarnya dapat menghasilkan 1 ton cabai. Teddy Meilwansyah sangat mengapresiasi penyuluh pertanian dan kelompok tani yang telah sukses berhasil  mendapatkan hasil panen yang cukup baik, 1 hektarnya dapat mencapai 1 ton.

Baca Juga :  Pasca Ledakan Bom Di Astana Anyar Bandung, Polres OKU Perketat Penjagaan

Dikatakan  Pj Bupati, keberhasilan kelompok tani cabai diabwah bbingan penyuluh ini  juga merupakan upaya dan langkah kongkrit kita dalam rangka mendukung program Gubernur Sumsel  H Herman Deru yaitu Program Sumsel Mandiri Pangan.  Menruut Teddy, Kabupaten OKU memang ada beberapa daerah yang cocok untuk budi daya cabai, seperti di Desa Karya Jaya  Kecamatan Sianr Peninjauan,  di Desa Merbau. Lalau di Kecamatan Sosohbuayrayap. Selain cabai  bawang merah juga cocok dibudi dayakan di wilayah-wilayah tersebut.

Baca Juga :  Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kabupaten OKU Resmi Dilantik

Dikesempatan itu PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menyampaikan bahwa salah satu penyumbang inflasi di Kabupaten OKU adalah cabai, untuk itu Kabupaten OKU terus menggalakkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga salah satunya dengan  menanam cabai. Selain itu untuk menekan angka inflasi dengan menanam cabai maupun bawang di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten OKU.  Bupati juga menghimbau para ibu rumah tangga untuk mencoba menanam cabai di pekarangan rumah, karena cabai ini bisa ditanam di pot atau di poybag dan cepat panen. Dengan memanfaatkan lahan pekarangan, minimal bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan di rumah tangga maisng-masing.

Baca Juga :  Polres OKU Melaksanakan Latihan Menembak Untuk Meminimalisasi Kesalahan Penggunaan Senpi

Lebih jauh Pj Bupati OKU mennyampaikan bahwa Kabupaten OKU sangat cocok dengan berbagai tanaman, dan terbukti dari Desa Desa Karya Jaya sukses dengan produksi cabainya 1 hektar dapat mengahsilkan  1 ton cabai. Pemerintah Kabupaten OKU kata PJ Bupati,  telah memberikan bantuan benih sayuran kepada masyarakat untuk dapat ditanam di pekarangan rumah dan tanah kosong, sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga.  (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.