Teddy Meilwansyah 1 Jam Berperahu Sampan Terobos Banjir Temui Warga Terisolir

oleh -584 Dilihat
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah Dan rombongan naik perahu sampai meninjau warga terisolir banjir di Lubuk Kemiling. Kanalberita.id / Edo
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah Dan rombongan naik perahu sampai meninjau warga terisolir banjir di Lubuk Kemiling. Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd nekad menerobos banjir dengan  perahu sampan menyusuri sungai demi menemui  warga  Desa Lubuk Kemiling yang sudah 5 hari terisolir akibat banjir

Untuk sampai kepusat desa hanya bisa di lewati jalur sungai memakai perahu sampan yang setiap saat bahaya bisa mengancam keselamatan jiwa. Demi untuk bertemu reakyat esa Lubuk Kemiling H Teddy Meilwansyah menempuh jalur sungai dengan waktu hampir satu jam menerobos sungai yang meluap untuk sampai ke desa yang terputus dengan luar.

Bupati dipandu oleh Kades Lubuk Kemiling Johan Syafri naik perahu menembus Sungai Ogan yang sedang meluap dan menemui desa tua  yang juga merupakan desa terakhir di Kabupaten OKU berbatasan dengan Kabupaten Ogan Ilir. Pantauan di lokasi situasi  banjir di  Lubuk Kemiling memang masih mempririhatinkan. Ketinggian air masih sekitar 2 meter. ” Belum pacak dilewati dengan kendaraan darat,”  kata Kades Lubuk Kemiling Johan Syafri. Sudah 5 hari warga terisolir, lampu mati. Tidak ada signal akibanya  400 jiwa lebih (167 KK) penduduk Desa Lubuk Kemiling terputus komunikasi dengan dunia luar.

Baca Juga :  Lima Besar Lomba Master of Ceremony HUT DWP Dapat Penghargaan

Dengan tidak pernah lelah dan dengan rasa ikhlas Pj Bupati OKU untuk terus berbuat untuk masyarakat OKU. Bantuan ini, kata Teddy tidak bisa mengganti yang hilang. Tidak bisa mengobati yang luka. Tapi paling tidak bisa meringankan beban masyarakat di beberapa kawasan yang terdampak banjir. “Kami ingin menunjukan kepada masyarakat, bahwa mereka tidak sendirian dalam menghadapi cobaan ini. Ada pemerintah yang selalu setia mendampingi mereka menghadapi cobaan ini, ” kata Teddy.

Kehadiran pemerintah dibawah kepimpinan Teddy Meilwansyah ke desa yang terisolir karena banjir ini membangkitkan semangat hidup warga Lubuk kemiling. Warga menyambut pemimpin OKU dengan riang gembira dan melupakan sejenak kedukaannya, “Alhamdulilah pak, bapak sampai ke sini kami lah 5 hari ini putus komuniaksi dnegan dunia luar,” kata salah seorang ibu. Apalagi kedatangan Teddy Meilwansyah dan rombongan membawa oleh-oleh berupa sembako, makanan instan, selimut, dan obat-obatan serta makanan balita dan makaan tambahan ibu hamil termasuk susu dalam kemasan untuk anak-anak.

Baca Juga :  Tiga Wanita Bandar Dan Pengedar Narkoba di OKU Dibekuk Polisi

Dikesempatan itu Teddy mengatakan, kedatangan bupati dan rombongan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah disaat rakyatnya kesusahan. “Kami hadir di saat rakyat membutuhkan, walaupun  bantuan yang kami bawah tidak akan dapat mengembalikan harta benda yang sduah hilang barang yang rusak namun kami hadir hadir untuk memberikan dukungan moril bawah warga tidak sendirian menghadapio benaca ini,” kata Teddy. PJ Bupati juga meninjau dapur umum dan sempat menyicipi masakan ibu-ibu di dapau rumum setiap desa yang dikunjungi.

PJ Bupati dan rombongan meliputi, Kalak BPBD OKU Drs Januar Effendi MSI, Asisten III  Romson Fitri SH MH,  serta para kepala OPD meninjau banjir di kecamatan peninjauan dan Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya. Dua Kecamatan ini merupakan kecamatan yang masih terendam banjir. Sedangkan tiga Kecamatan lainnya sudah tinggal recovery. Tim penanganan banjir juga mendistribusikan bantuan untuk warga yang terdampak banjir  di wilayah Kecamatan Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya. Desa-Desa yang dikunjungi meliputi Desa Sukapindah. Kampai, Rantau Panjang, Lubuk Kemiling, Kedaton dan Bungkai.

Baca Juga :  28 Personil Polres OKU Naik Pangkat

Selain di enam desa itu, juga  di beberapa desa lainnya yang terdampak  Banjir, Bupati dan rombongan juga mengantar bantuan  untuk korban terdampak banjir. Paket sembako, paket hygine kit, paket makanan siap saji, paket family kit. Matra. Selimut. Bantuan juga diberikan ke Desa Kepayang, Belimbing Saungnaga dan Kedondong. Bupati didmapingi Asisten II Romson Fitri SH MH menjelaskan, kunjungan ke dua kecamatan yang mash dilanda banjir ini membawa 12 mobil   bantuan untuk warga yang terdampak banjir.

Bersamaan dengan pendistribusian bantuan sembako juga disuplayy air bersih dari Perumda.Tirta Raja dengan menggunakan mobil tengki. Pendistribusian air beresih ke daerah  yang terdampak banjir ini menurut Dirut Perumda. Tirta Raja Dirut Perumda Air Minum Tirta Raja OKU Drs Bertho Darmo Poedjo Asmanto MBA CIM  bekerja sama dengan PU Perkim. PT Semen Baturaja. Tampak di sepanjang jalan di Desa Belimbing Kecamatan. Peninjauan OKU. warga menemoatkab ember-:ember dan penampunhan air di pinggir jalan yang dilewati mobil tengki penyuplai air bersih . (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.