PHE OK Bangun Desa Melalui Program Inkubator Bisnis

oleh -1536 Dilihat
PT Pertamina Hulu Energi Ogan Komering (PHE OK) gelar kegiatan Program Inkubator Bisnis, Ajak Pemuda Ciptakan Ide Wirausaha Kreatif. Foto dokumen PHE OK
PT Pertamina Hulu Energi Ogan Komering (PHE OK) gelar kegiatan Program Inkubator Bisnis, Ajak Pemuda Ciptakan Ide Wirausaha Kreatif. Foto dokumen PHE OK
  • Ajak Pemuda Ciptakan Ide Wirausaha Kreatif

 

Kanalberita.id, Baturaja—PT Pertamina Hulu Energi Ogan Komering (PHE OK) kembali menginisiasi program bagi para pemuda dan pemudi melalui kegiatan Inkubator Bisnis Gerakan Masyarakat Mandiri Generasi Bertalenta (Gema Magenta).

Kegiatan Ikubator Bisnis Gema Magenta ini, PHE OK menggandeng pemuda myang tergabung dalam wadah Karang Taruna dari beberapa desa di Kecamatan Peninjauan Wilayah Kerja Perusahaan. Peserta kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta ini yaitu dari Desa Bindu, Desa Karang Dapo, Desa Mendala, Desa Peninjauan. Kemudian Desa Saung Naga, Desa Penilikan, Desa Makartitama, Desa Makarti Jaya, dan Desa Mitra Kencana yang merupakan desa yang berada di Ring 1 Perusahaan.

Kegiatan Ikubator Bisnis Gema Magenta (Gerakan Masyarakat Mandiri Generasi Bertalenta) diinisiasi sebagai wadah untuk meningkatkan minat kewirausahaan bagi pemuda dan pemudi di sekitar Kecamatan Peninjauan serta terciptanya ide bisnis kreatif.

Baca Juga :  Car Free Day di Tamkot Baturaja Bisa Belanja Sambil Olah Raga

Field Manager Pertamina Hulu Energi Ogan Komering (PHE OK) Alamsyah mengatakan, kegiatan ini sebagai kepedulian perusahaan terhadap perkembangan perekonomian Desa dan Kecamatan di Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Diharapkan melalui kegiatan ini menjadi awal hadirnya para wirausahawan muda dan peningkatan kualitas dari para pemuda dan pemudi desa di sekitar perusahaan. “Kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta diharapkan menjadi langkah awal terciptanya lapangan kerja baru dan wirausahawan kreatif dengan memaksimalkan potensi lokal” ucap Alamsyah.

Melalui kegiatan ini, Pertamina Hulu Energi Ogan Komering juga mendukung tercapainya SDG’s nomor delapan, yaitu Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.  Tujuan jangka pendek dari program ini adalah untuk menumbuhkembangkan pola pikir, kreativitas, serta kemandirian dari para pemuda dan pemudi dari tingkat desa. Sedangkan, tujuan jangka panjangnya adalah terciptanya lapangan pekerjaan yang diinisiasi oleh pemuda dan pemudi itu sendiri serta pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU dan Forkopimda Tinjau Demplot Kolam Budidaya Ikan Gabus

Camat Peninajuan diwakili Muji selaku Sekcam, Muji mengatakan pemerintah sangat mendukung kegiatan ini karena dengan adanya kegiatan ini pemuda sekitar Kecamatan Peninjauan memiliki wadah untuk mengembangkan kapasitas diri di bidang kewirausahaan. “Kami dari pemerintah Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu mengucapkan terima kasih atas kepedualian Pertamina Hulu Energi Ogan Komering karena dengan adanya kegiatan ini para pemuda menjadi lebih aktif. Harapannya melalui kegiatan ini akan mencetak generasi wirausahawan bagi pemuda dan pemudi di Kecamatan Peninjauan” ucap Muji.

Baca Juga :  HUT DWP OKU Ke-24 Bertabur Penghargaan

Rangkaian kegiatan terdiri dari pelatihan kewirausahaan hingga mentoring bisnis. Peserta diberikan materi awal bagaimana menemukan ide bisnis serta menyusun perencanaan bisnis yang dianalisis dari kebutuhan dan permasalahan sekitar sehingga diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta juga dibimbing langsung oleh praktisi yang aktif dan berkompeten dalam bidang pengembangan bisnis. Kemudian dari ide bisnis yang baik, mampu meningkatkan kemajuan baik bagi desa hingga kepada kecamatan dan berpotensi, akan diberikan pembimbingan lebih oleh praktisi dan diberikan bantuan dana bisnis untuk mengambangkan bisnisnya. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.