Musrenbang Pengandonan Dihadiri PJ Bupati OKU

oleh -223 Dilihat
Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd hadir langsung pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pengandonan, Selasa (24/1/2023). Foto Dokumen Humas OKU
Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd hadir langsung pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pengandonan, Selasa (24/1/2023). Foto Dokumen Humas OKU

Kanalberita.id, Baturaja—Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd hadir langsung pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pengandonan, Selasa (24/1/2023).

Camat Pengandonan Oktaria Rosalina, SIP MSi dalam laporannya mengatakan peserta Musrenbang Kecamatan Pengandonan ini terdiri dari para Kepala Desa, FKBD serta delegasi musrenbang di Kecamatan Pengandonan yang berjumlah 12 Desa. Camat Pengandonan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Penjabat Bupati OKU beserta rombongan dan jajaran Pemerintahan Kabupaten OKU yang menyempatkan diri hadir pada Musrenbang Kecamatan Pengandonan ini.

Musrenbang ini akan merangkum semua yang dibutuhkan dari usulan-usulan yang telah dibuat pada Musyawarah Perencanaan Tingkat Desa (Musrenbangdes) yang telah dilaksanakan oleh setiap Desa sebelumnya di Kecamatan Pengandonan. Pada Musrenbang tingkat kecamatan ini, usulan-usulan yang telah dibuat tiap desa akan rekap, diharapkan usulan yang telah di sampaikan melalui Musrenbang ini dapat terealisasi di tahun ini demi memajukan desa-desa yang ada di Kecamatan Pengandonan.

Baca Juga :  Personil Polres OKU Latihan Nembak Menggunakan 3 Jenis Senpi

Sementara itu PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd mengatakan Musrenbang Kecamatan ini merupakan tahapan lanjutan dari Musrenbang tingkat Desa (Musrenbangdes) yang telah diinput di SIPD Kementerian Dalam Negeri. Hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan ini dituangkan dalam berita acara yang akan disampaikan kepada Bappelitbangda. Usulan-usulan itu sebagai bahan penyusunan rencana daerah dan Dinas/Instansi terkait sebagai bahan penyusunan rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah yang akan dibahas pada forum perangkat daerah.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Resmi Melantik Yudo Margono Sebagai Panglima TNI

Dikatakan PJ Bupati, keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan juga terukur. Sedangkan Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024. Adapun perencanaan yang berasal dari masyarakat adalah perencanaan yang murni dari masyarakat ke Pemerintah seperti halnya pada Musrenbang saat ini. Sehingga hal inilah yang terus didorong oleh Pemerintah agar apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa diimplementasikan/diwujudkan oleh Pemerintah. Diharapkan perencanaan ini dapat sesuai dengan keadaan di Desa, dan dapat meningkatkan, serta mengembangkan potensi yang ada di Desa tersebut.

Lebih lanjut PJ Bupati menjelaskan, kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan saat ini masih terbatas, untuk itu perlu pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut. Tidak semua program akan dapat diakomodir/direalisasikan dari usulan yang telah dibuat namun haruslah disusun prioritas dari daftar panjang program-program yang ada. Pembangunan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, meskipun dominannya berada pada pemerintah. Namun juga menjadi keterlibatan dan partisipasi dari semua pihak, yang mana sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan itu sendiri, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terlaksana.

Baca Juga :  Citimall Baturaja Bagikan Hewan Kurban Untuk Warga Sekitar


Usai membuka Musrenbang, H Teddy Meilwansyah menyerahkan bantuan kepada anak-anak sekolah yang ada di Kecamatan Pengandonan. Selain itu membantu seragam kepada ketua BKMT Kecamatan Pengandonan. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.