Desa Tungku Jaya Akan Jadi Sentra Bawang Merah OKU

oleh -505 Dilihat
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd melakukan penanaman bawang merah di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Foto dokumen Humas Pemkab OKU
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd melakukan penanaman bawang merah di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Foto dokumen Humas Pemkab OKU

Kanalberita.id, Baturaja—Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten OKU berpotensi akan jadi sentra budi daya tanaman bawang merah.

Hal itu dikatakan PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd pada acara penanaman bawang merah di Desa Tungku Jaya, Jum’at (17/2/20230. Turut hadi mendampingi Bupati OKU antara lain, Kadin Pertanian Ir Joni Saihu, Plt Camat Sosoih Buay Rayap Yoyin Arifianto AP MSi, Kapolsek AKP Priyatno, Danramil 302-12 Baturaja Kapten CPL Suwignyo, kelompok tani bawang serta masyarakat Tungku Jaya.

Baca Juga :  Semen Baturaja Bantu 3Kontainer dan 15 Kotak Sampah Untuk DLH OKU

Dikatakan Pj Bupati, saat ini produksi abwang merah dari Desa Tungku jaya sudah mencapai 14 Ton/Ha, apalagi bila ada intervensi dari semua pihak. Makanya hasilnya akan lebih dari 14 Ton/Ha, hal ini suatu hal yang sangat luar biasa. Dengan hasil yang demikian, maka Desa Tungku Jaya berpotensi menjadi sentra budi daya tanaman bawang merah.

H Teddy Meilwansyah sanmgat mengapresiasi kelompok tani bawang dan petani bawang merah Tungku Jaya. Untuk itu Pj Bupati secara khusus meminta Dinas Pertanian secara maksimal membantu pengembangan tanaman bawang merah ini. “ Dinas Pertanian saya minta all out, kalau bawang merah ini berhasil bisa jadi proyek percontohan nasional, tinggal kita bagaimana usaha agar bawang ini bisa berhasil “ tegas Pj Bupati.

Baca Juga :  Bupati OKU Dan Kapolres Tanda-tangan NPHD E-TLE

Dikatakan H Teddy Meilwansyah, saat ini untuk penyediaan bawang merah masih tergantung dengan daerah luar. Mudah-mudahan dengan hasil produksi penanaman ini OKU tidak tergantung lagi dengan daerah luar. Hal ini sejalan dengan program yang digalakan Gubernur Sumsel H Herman Deru yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GMSP). “Ini sejalan dengan gerakan Sumsel mandiri pangan, nanti jika ini berhasil kita meminta seluruh pegawai di OPD untuk menanam bawang ini dirumah masing-masing minimal bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari” tegas Pj Bupati.

Baca Juga :  Nekat Aniaya Keluarga Sendiri, Sarpudin Harus Berusan Dengan Polisi

PJ Bupati OKU sangat optimis yang sedang dilakukan ini bisa mencapai hasil maksimal. Untuk itu Bupati meminta kepada Dinas Pertanian terus melakukan pembinaan secara rutin kepada kelompok tani yang akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan petani. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.