Danrem 044 /Gapo Tinjau Demplot Kolam Budidaya Ikan Gabus

oleh -677 Dilihat

Kanalberita.id, Baturaja—Danrem 044 /Gapo  Brigjen  TNI M. Naudi Nurdika  SIP MSi  MTr (Han) tinjau kolam demplot budi daya ikan  gabus di Desa Martajaya Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Senin (14/11/2022).

Danrem 044/GAPO Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTr (Han) didampingi Dandim 0403/OKU bersama Kelompok Pembudidaya Ikan Mandiri Jaya Desa Marta Jaya Kecamatan Lubukraja OKU. Kanalberita.id / Apriansyah
Danrem 044/GAPO Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTr (Han) didampingi Dandim 0403/OKU bersama Kelompok Pembudidaya Ikan Mandiri Jaya Desa Marta Jaya Kecamatan Lubukraja OKU. Kanalberita.id / Apriansyah

Dilokasi demplot kolam ikan  gabus, Danrem  044/ Gapo  Brigjen TNI M Naudi Nurdika disambut oleh Dandim 0403/ OKU  Letkol  Inf Ferizal R SIP, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan  Ir Hj Tri Aprianingsih dan Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Gabus Mandiri Jaya,  Agus Sutikno dan masyarakat setempat.

Danrem menyambut baik Program Pemerintah Kabupaten OKU melalui Dinas Perikanan dan Peternakan  bersinergi degan TNI Kodim 0403/OKU mewujudkan Desa Martajaya  menjadi Kampung Bidudaya Ikan Gabus.

Baca Juga :  PHE OK Bangun Desa Melalui Program Inkubator Bisnis

Dandim OKU OKU  Letkol  Inf Ferizal R SIP mengatakan, TNI dari Kodim OKU  ikut mendorong percepatan pembuatan kolam demplot. Kolam demplot yang akan dibuat sebanyak 30 unit kolam dari  target keseluruhan kolam  520 kolam untuk 7 dusun yang ada di Marta Jaya. Masing-masing dusun akan menggarap sebanyak 70 kolam dan 30 kolamnya untuk demplot. Ini merupakan percontohan yang nantinya juga akan diikuti oleh masyarakat lainnya. Pembuatan kolam demplot ini dilakukan bersama kelompok pembudidaya ikan  Desa Martajaya.

Dikesempatan itu  Danrem 044 /Gapo  Brigjen  TNI M Naudi Nurdika  SIP MSi  MTr (Han) mengatakan, untuk pembuatan embong disarankan agar didasar kolam terbelih dahulu dilapisi terbal untuk menahan air agar tidak meresap ke dalam  tanah. Kolam ikan gabus yang  menjadi percontohan ini agar benar-benar berhasil sesuai harapan supaya bisa dicontoh oleh masyarakat luas. “Focuskan dulu menggarap kolam demplot utama ini, karena masyarakat mau melihat contoh yang berhasil dulu barulah bisa ditularkan kepada masyarakat,” imbuh Danrem.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU Terima Audensi Korwil BNN OKU Raya

Sedangkan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Ir Hj Tri Aprianingsih menjelaskan, bantuan dan perhatian pemerintah Kabupaten OKU berbagai pihak kini  dicurahkan  mendorong percepatan kemajuan  Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan)  Karya Mandiri Jaya. Dari Dirtjen KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan ) RI berupa 2 unit mesin cetak pelet apung untuk pakan ikan  Kapasitas  1 kwintal /jam  dan mesin untuk penghalus  untuk bahan pembuatan pelet  pakan ikan dan bantuan 1 ton bahan baku pakan ikan berupa tepung ikan dan bongkel kedelai yang menjadi satu paket dengan mesin pembuat pelet pakan ikan. “Intinya kami akan mendorong semaksimal mungkin untuk mewujudkan Martajaya menjadi kampung budidaya ikan gabus seperti yang sudah dicanangkan Pj Bupati OKU” tandas  Kadin Perikanan dan Peternakan. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.