Ketua DPRD OKU Sementara Terancam Disomasi Lintas Fraksi

oleh -299 Dilihat
21 anggota anggota dewan lintas fraksi desak ketua DPRD sementara segera memproses pembentukan pimpinan definitif DPRD OKU. Kanalberita.id / Edo
21 anggota anggota dewan lintas fraksi desak ketua DPRD sementara segera memproses pembentukan pimpinan definitif DPRD OKU. Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  OKU lintas fraksi kembali mendesak Pimpinan Sementara segera  memproses pimpinan Definitif. Apabila tidak segera diproses maka anggota dewan lintas fraksi mengancam akan mengajukan mosi tidak percaya.

Anggota  DPRD H. Muslimin kepada wartawan, Kamis (24/10/2024)  mengatakan  mosi tidak percaya ini segera akan dilayangkan secepat mungkin. Menurut Muslim selaku juru bicara  21 anggota DRPD OKU lintas fraksi, pihaknya juga sudah melayangkan surat ke Pimpinan Sementara DRPD OKU dan ditembuskan ke Gubernur Sumsel dan Bupati OKU. Anggota DRPD OKU lintas fraksi itu diantaranya Fraksi PKB, Fraksi Gerindra, Fraksi Hanura, Fraksi PPP dan PKS sert Fraksi Golkar, Perindo dan PKN. “Jadi kami Anggota DRPD OKU lintas fraksi mendesak agar pimpinan sementara melaksanakan rapat paripurna untuk memproses pimpinan Definitif,” kata Muslimin .

Dikatakan Muslimin, saat ini hanya ada satu unsur pimpinan sementara DPRD OKU atas nama  H Rudi Hartono dari partai Nasdem . Hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan diprosesnya pimpinan Definitif DRPD OKU,  Sedangkan ketua Sementara DRPD OKU dari partai PAN yakni Yudi Purna Nugraha SH telah mengundurkan diri karena mengikuti kontestasi pilkada OKU. Untuk itu Anggota DPRD OKU dari lintas Fraksi mendesak agar segera ditetapkannya Pimpinan Definitif DPRD OKU agar kinerja anggota DRPD OKU tidak terhambat. “ini sudah sangat mendesak, secepatnya harus ditetapkan pimpinan DPRD OKU Definitif dan pembentukan AKD sehingga pekerjaan kepemerintahan bisa berjalan .

Baca Juga :  Masyarakat OKU Sambut Gembira Kehadiran Klinik Utama Mata BSEC

Dikatakan Mimin, desakan ini berdasarkan peraturan undang-undang, pasal 34 dan ayat 3 PP No 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusun tata tertib DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota. Telah dibentuknya 7 fraksi DPRD  Kabupaten melalui Keputusan DPRD OKU No 1 Tahun 2024 Tentang Susunan Keanggotaan Fraksi-Fraksi DPRD OKU. Diungkapkan Mimin, dari 3 partai pemenang di Pileg OKU, saat ini sudah  2 partai pemenang yang telah mengusulkan nama unsur pimpinan defintif 2 partai itu yakni Nasdem dan Gerindra, sedangkan Partai PAN yang menjadi partai pemenang hingga saat ini belum mengusulkan nama untuk menjadi pimpinan definitif.

Baca Juga :  Semen Baturaja Gelar Jalan Sehat Bersama BUMN 2023

Dari Partai  Nasdem atas nama H Rudi Hartono ssbagai wakil ketua DPRD Kabupaten OKU berdasarkan surat DPD Nasdem Kabupaten OKU No: 78/DPD NASDEM/OKU/V/2024 Tanggal 27 September 2024 perihal penyampaikan SK DPP Nasdem No : 9.1-SK/AKD/DPP-Nasdem/VIII/2024 tentang penetapan pimpinan DPRD serta ketua Fraksi DPRD kabupaten OKU Provinsi Sumsel periode 2024-2029 yang menetapkan H Rudi Hartono sebagai wakil ketua DPRD Kabupaten OKU provinsi asumsel periode 2024- 2029.

Begitu juga dengan Partai Gerindra sudah menetapkan Parwanto SH MH sebagai Wakil Ketua DPRD OKU  seperti tertuang dalam  Surat DPC Gerindra Kabupaten OKU No : SS-09/09-329/B/DPC Gerindra/.2024 tertanggal 26 September 2024 perihal penyampaian SK DPP Gerindra No : 09-0289 KPTS-DPP Gerindra/2024 tanggal 2 September tentang alat kelengkapan DPRD OKU provinsi Sumsel periode 2024 – 2029 yang menetapkan saudara Parwanto SH MH sebagai Wakil Ketua DPRD OKU. “Kedua SK tersebut sudah di sekretariat, Kita sering baca diberita statmen H Rudi Hartono yang mengatakan belum ada penyampaikan SK dari Nasdem yang notabenenya sebagai salah satu partai pemenang untuk usulan pimpinan DPRD OKU, nah ini surat ini apa, artinya selama ini bohong. Kenapa harus ditunda-tunda, ini ada apa” tegas Mimin.

Baca Juga :  Polda Sumsel Respon Cepat Bantu Korban Banjir Muratara, Bukti Polri Hadir Ditengah Masyarakat

Terpisah Ketua sementara DPRD OKU H Rudi Hartono kepada awak media beberapa waktu lalu tetap mengelak dan mengatakan remkoendasi dari DPP Partai NASDEM belum ada. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.