Inovasi Pengelolaan Data dan Pelayanan Publik Online Bakesbangpol Kabupaten Ogan Komering Ulu

oleh -186 Dilihat
Martulasina Putra SSos MM (Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ogan Komering Ulu)
Martulasina Putra SSos MM (Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ogan Komering Ulu)

Oleh : Martulasina Putra SSos MM

(Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ogan Komering Ulu)

 

Materi Implementasi / Publikasi Aksi Perubahan Pada Media Sosial

 

Tugas Implementasi Aksi Perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan III Tahun 2024

  1. Pendahulan

Gagasan Inovatif, yaitu “SimpuIDasi –  Inovasi Pengelolaan Data dan Pelayanan Publik Online Bakesbangpol Kabupaten Ogan Komering Ulu”, sebagai bentuk solusi permasalahan dalam meningkatkan kinerja organisasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ogan Komering Ulu. Secara akronim, “SimpulDasi” diartikan sebagai SIstem Manajemen Pelayanan pUblik dan pengelolaan DAta dan informaSI. Pengelolaan manajemen pelayanan, data dan informasi melalui sistem elektronik ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital aplikasi Website Pemerintah Kabupaten OKU yaitu okukab.go.id dengan subdomain kesbang.okukab.go.id yang berfungsi sebagai media sosialisasi, publikasi dan pelayanan publik di Bidang Politik Dalam Negeri secara khusus, dan Badan Kesbangpol secara umum.

Aksi Perubahan Jangka Pendek ini dilaksanakan selama 60 hari dengan 3 tahapan atau milestone. Dari tahapan pertama yaitu Tahapan Persiapan sampai kepada tahapan ketiga yaitu Tahapan Monitoring dan Pelaporan, dilaksanakan secara sistematis dan sesuai rencana dari tanggal 8 Agustus 2024 sampai dengan tanggal 4 Oktober 2024.

Implementasi dari pelaksanaan Aksi Perubahan ini dapat memudahkan dalam pelayanan kepada publik, monitoring, evaluasi, pelaporan dan inventarisasi data dan informasi yang menjadi dokumen berbasis digital pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ogan Komering Ulu khususnya pada Bidang Politik Dalam Negeri.

  1. Analisis Permasalahan :

Pengambilan tema Aksi Perubahan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, yaitu :

Isu 1: Masih terbatasnya sarana dan prasarana perlengkapan kantor,

Baca Juga :  OKU Bertekad Wujudkan Pemilu Zero Konflik Dan Bisa Dinikmati Bersama

Isu 2: Masih terbatasnya SDM dalam pengelolaan dan penataan dokumen data dan informasi secara elektronik.

Isu 3 : Belum tersedianya fasilitas penggunaan media data, informasi dan pelayanan publik dengan aplikasi Website.

Isu 4 : Belum optimalnya sistem komunikasi dan koordinasi baik internal maupun eksternal pada Badan Kesbangpol Kabupaten OKU.

  1. Melakukan Terobosan Inovasi

Dalam  upaya mengatasi  masalah  belum tersedianya pengelolaan data, informasi dan pelayanan publik pada Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kabupaten OKU yang disebabkan oleh tidak tersedianya fasilitas website Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ogan Komering Ulu dalam Website Pemerintah Kab. OKU okukab.go.id . Untuk itulah hal pertama yang dilakukan adalah membuat website Kesbangpol Kabupaten OKU sub domain kesbang.okukab.go.id.

Adapun isi yang terdapat pada website yang dimiliki oleh Badan Kesbangpol Kabupaten OKU adalah :

Pelayanan publik yang bisa dilayani di media website ini untuk sekarang yang akan berjalan adalah kegiatan pelayanan Pengajuan Dana Bantuan Keuangan untuk Partai Politik di Kabupaten OKU yang mempunyai kursi di DPRD Kabupaten OKU tersedia pada menu Layanan dan menu Download. Untuk pengelolaan dan pelayanan data dan informasi dapat ditemukan di semua menu yang tersedia yaitu Beranda,  Profil Kesbangpol, Informasi, Galeri Foto Kegiatan dan Kontak. Dilengkapi dengan video animasi tutorial cara pengajuan dana bantuan keuangan Parpol. Di dalam menu Layanan dan Download akan tersedia form pengisian dokumen kelengkapan syarat pengajuan proposal Dana Bantuan Keuangan Partai Politik, yaitu:

  1. Lembaran Ceklist Syarat / Kelengkapan Dokumen Pengajuan Dana Bantuan Keuangan kepada Partai Politik;
  2. Surat Permohonan Pencairan Dana Bantuan Keuangan kepada Partai Politik;
  3. Surat Pernyataan Pimpinan Partai Politik; dan
  4. Surat Laporan Pertanggungjawaban Dana Bantuan Keuangan Partai Politik
Baca Juga :  PJ Bupati OKU : Kades Jangan Terjebak Politik Praktis di Tahun Pemilu

Beberapa manfaat penggunaan layanan elekronik berbasis aplikasi Website ini, diantaranya sebagai berikut :

  1. Dapat meningkatkan koordinasi secara internal dan eksternal yang interaktif dalam urusan Bidang Politik khususnya, maupun Badan Kesbangpol secara umum;
  2. Melaksanakan tugas pelayanan publik, pengelolaan data dan informasi dengan cepat dan efisien, dengan memberikan kemudahan akses melalui sistem digitalisasi kepada pihak pengguna;
  3. Dapat melakukan penghematan secara ekonomis untuk menekan biaya operasional yaitu biaya transportasi dan prasarana ATK; dan
  4. Memberikan motivasi secara stimulan kepada staf untuk terus menambah keahlian di bidang IT dan kreatifitas dalam bekerja.

  1. Target Capaian Organisasi dalam Aksi Perubahan
  2. Jangka Pendek, tersedianya sistem manajemen pelayanan publik, pengelolaan data dan informasi secara elektronik melalui pemanfaatan media Website subdomain kesbang.okukab.go.id dalam pelayanan publik, pengelolaan data dan informasi pada Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kab. OKU
  3. Jangka Menengah, terwujudnya pengoptimalan pengelolaan pelayanan publik dan pengelolaan data dan informasi yang dapat mengakomodir semua Bidang dan Sekretariat pada Badan Kesbangpol Kab. OKU.
  4. Jangka Panjang, terkoneksinya jaringan yang lebih luas dan menjangkau ruang lingkup Kabupaten OKU melalui pembentukan Command Center atau Pusat Komunikasi dan Informasi (Puskomin) Kabupaten OKU dalam mendukung program OKU Smart City.

Laporan Implementasi Aksi Perubahan ini akan di seminarkan  di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sumatera Selatan di Palembang pada Tanggal 8 Oktober 2024.

Baca Juga :  Dinas Perkim OKU Pampas Pohon Pelindung Antisipasi Cuaca Ekstrem

 

  1. Manfaat Implementasi Aksi Perubahan

Sistem manajemen pelayanan publik, pengelolaan data dan informasi “SimpuIDasi” pada Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kabupaten OKU secara online melalui media website subdomain kesbang.okukab.go.id diharapkan akan memberikan manfaat bagi kinerja Organisasi Badan Kesbangpol  Kab. OKU dan juga kepada stakeholders baik kepada instansi, lembaga, Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan dan masyarakat secara luas.

 

  1. Penutup

Pengelolaan data, informasi dan pelayanan publik secara online melalui Aksi Perubahan “SimpulDasi”, dapat menjadi titik awal dalam persiapan pembentukan Command Center atau Pusat Komunikasi dan Informasi (PUSKOMIN) Kabupaten Ogan Komering Ulu menuju terwujudnya Program OKU Smart City. Kegiatan ini sangat didukung dan di support oleh Pemkab. OKU diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. OKU, Indra Susanto, S.Sos. MAP. Kepala Dinas Kominfo Kab. OKU, Universitas Mahakarya Asia, Jajaran Pengurus Partai Politik diwakili oleh Partai Perindo dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) yang menjadi Partai Politik yang baru yang mendapatkan kursi di DPRD Kab. OKU Periode 2024-2029.

 

Sebagai informasi, dalam penyaluran dana bantuan keuangan Partai Politik Tahun Anggaran 2024 melalui APBD Induk 2024 sudah dilaksanakan untuk 12 Parpol untuk 8 Bulan hasil Pemilu 2019 berakhir di Bulan Agustus 2024. Untuk perolehan suara pada Pemilu 2024 Kab. OKU dengan 12 Parpol, Parpol yang baru mendapatkan kursi di Parlemen adalah Partai Perindo dan PKN  akan dilaksanakan untuk 4 Bulan (September-Desember 2024) telah diajukan penganggaran oleh Badan Kesbangpol melalui pengajuan di APBD Perubahan 2024. ***

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.