Talang Empat Desa Sleman OKU Dialiri Listrik

oleh -1188 Dilihat

Kanalberita.id, Baturaja—Talang Empat Dusun 6 Desa Sleman Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU sudah mendapat aliran listrik dari PLN.

PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd bersama Manager Keuangan dan Admistrasi Wahyu Ismardianto melakukan penyalaan perdana listrik dirumah warga Dusun 6 Desa Sleman. Foto Kanalberita.id / Apriansyah
PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd bersama Manager Keuangan dan Admistrasi Wahyu Ismardianto melakukan penyalaan perdana listrik dirumah warga Dusun 6 Desa Sleman. Foto Kanalberita.id / Apriansyah

Penyalaan listrik perdana dilakukan  oleh Pj Bupati OKU H Tedy Meilwansayah SSTP MM M.Pd,  Selasa (22/11/2022). Hadir  Manager PLN UP3 Lahat Muhammad  Syafdinnur diwakili Manager Keuangan dan Admistrasi Wahyu Ismardianto¸ Manager Unit Layanan Pelanggan PLN Baturaja Iswandi, Muspika Semidang Aji, Kepala Desa Se Kecamatan Semidang Aji, serta masyaraat Desa Sleman.

Seperti  dituturkan  Sumadi (65)  talang yang dihuni oleh 50 KK ini sudah ada sejak tahun 1997. Sumadi dan beberapa KK menyadap karet dan menempati rumah-rumah papan. Waktu itu penerangan hanya menggunakan lampu teplok, penduduk terus bertambah kemudian membentuk dusun dan sudah banyak rumah-rumah permanen. Namun belum ada penerangan listrik, “ Rasanya seperti mimpi dusun ini ada listrik” ujar pria asal Jawa Tengah. Pria yang sudah 25 tahun menetap di Dusun 6 Desa Sleman ini tampak sangat terharu saat Pj Bupati menyalakan listrik di rumahnya, berkali-kali Sumadi mengucapkan terima kasih kepad PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansayah dan mengucapkan doa-doa terbaik untuk Pj Bupati OKU.

Baca Juga :  Marta Jaya OKU Akan Jadi Kampung Budidaya Ikan Gabus

Kades Sleman M Rafiq mengatakan Dusun 6 talang 4 ini merupakan bagian dari Desa Sleman, sejak tahun 1997 warga membuka kebun dari berbagai daerah, sebagian besar dari Suku Jawa dan  banyak juga warga Suku lainnya. Saat ini tercatat ada 50 KK berdomisili di Dusun 6. Pemerintah Desa lalu mengusulkan kepada pemerintah untuk program Listrik masuk desa. Tahun 2019 sudah dipasang tiang-tiang listrik , namun datang musim Pandemi Covid-19  sehingga program listrik masuk desa ini sempat  tertunda. “Alhamdulillah tahun ini warga dusun 6 bisa menikmati listrik masuk desa” kata Kades.

Baca Juga :  Dua pemuda Asal OKU Raih Perhargaan Lentera Bumi Sriwijaya

Sedangkan  Manager Keuangan dan Admistrasi, Wahyu Ismardianto, dalam sambutannya mengatakan pihak PLN sudah menginvestasikan dana Rp 1,5 M untuk program listrik masuk desa ini.  Untuk memasang jaringan tegangan menengah (TM) sepanjang 3,7 KM dan tegangan rendah (TR) 1 KM  dan 1 unit Travo . Tujuannya untuk membantu pemerintah Kabupaten OKU dalam program listrik masuk desa untuk mensejahtrakan rakyat. “ Tolong dijaga asset yang sudah dipasang disini, apabila ada pohon-pohon yang menganggu jaringan laporkan ke PLN Baturaja agar bisa dirapikan sehingga tidak mengganggu jaringan” imbuh Wahyu Ismardianto

Baca Juga :  PJ Bupati OKU dan Forkopimda Tinjau Demplot Kolam Budidaya Ikan Gabus

Sedangkan Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM M.Pd mengatakan, tercatat 34 rumah yang berada di dudun 6 Desa Sleman dan di Desa Negeri Sindang mendapat program listrik masuk desa yang diresmikannya bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional. Dikatakan Bupati, ada beberapa dusun yang memang belum mendapat penerangan listrik yang disuplai dari PLN. Namun Bupati optimis paling lambat 2 tahun kedepan sudah berlistrik. Dikatakan Bupati manfaat  dari program listrik masuk desa ini pertama untuk menekan angka kriminlaitas , kemudian untuk menggerakkan roda perekonomian di desa-desa khususnya UMKM. Bupati juga berpesan agar masyarakat sama-sama menjaga apa yang sudah diinvestasikan di desa seperti travo, KWH meter dan lainnya agar dijaga jangan sampai ada gangguan. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.