Polsek Baturaja Timur Mendesak Ditingkatkan Menjadi Polsek Urban

oleh -770 Dilihat
Tim Studi Kelayakan Asistensi Peningkatan Satwil Birorena polda Sumsel saat berkunjung ke Mapolsek Baturaja Timur. Kanalberita.id / Edo
Tim Studi Kelayakan Asistensi Peningkatan Satwil Birorena polda Sumsel saat berkunjung ke Mapolsek Baturaja Timur. Kanalberita.id / Edo

Kanalberita.id, Baturaja—Polsek Baturaja Timur Polres Ogan Komering Ulu Polda Sumatera Selatan sudah mendesak ditingkatkan statusnya dari Polsek Rural  (Tipe C) menjadi Polsek Urban (Tipe B) .

Kepolisian Sektor ( Polsek) Baturaja Timur  saat ini statusnya masi  klasifikasi Polsek Tipe  C, yaitu Polsek Rural dan sudah layak ditingkatkan  menjadi Polsek tipe B, yaitu Polsek Urban.  Kabag Setrajemen Birorena Polda Sumsel AKBP Sinta SIK didampingi  Kapolsek Baturaja Timur AKP Hariyanto kepada   awak media, Jumat (15/3/2024) menjelaskan, untuk mendorong perubahan status   Polsek Baturaja Timur tingggal  melengkapi  dokumen persyaratan  SIK3 ( Sistem Informasi Klasifikasi Kesatuan Wilayah  menuju Polsek tipe B, yaitu Polsek Urban. SIK3 terdiri dari 9 Dimensi dan 33 indikator.  Tujuh dimensi diantaranya ada dalam Kabupaten OKU dalam Angka, seperti luas wilayah  Kecamatan Baturaja Timru 110,22 KM jumlah pertambahan penduduk Baturaja Timur 2000 jiwa per tahun.  Jumlah Perguruan Tinggi Swasta  7   Polsri ada Pergururuan Tinggi Negeri (Poltekes dan Polsri—Kuliah Jarak  Jauh)   dan obyek vita SMBR , PLTU, Telkom PLN dan Rutan ada di 3 rumah sakit dan RSA wilayah Kecamatan Baturaja Timur . Kemudian Selengkapnya kesiapan kesatuan, berupa dokumun yang diajukan Kapolri, jumlah ganguan kamtibmas, dan tuntutan masyarakat. Syartatnya adanya usulan dari Polres, ada dukungan tertulis dari pemerintah setempat, dukungan pimpinan kesatuan dalam hal ini Kapolda Sumatera Selatan. Polsek Baturaja Timur sudah oprasional lebih dari 10 tahun sedangkan dalam persyaratan minimal sudah beroprasional 3 tahun.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU Bersama Forkopimda OKU Cek Pos Sat Kamling

Dikesempatan itu juga AKBP Sinta juga menjelaskan Kategori Kesatuan Kwilayahan ditentukan melalui penilaian terhadap dimensi dan indikator, untuk menjadi Polsek  Polsek Tipe B dengan kategori nilai antara 2501 (dua ribu lima ratus satu)  sampai dengan 3000 (tiga ribu), “Kalau melihat kondisi dan indikator pendukung lainnya mestinya kategori nilai  Polsek Baturaja Timur sudah diangkat 3000-an,” tandasAKBP Sinta. Lebih jauh Kabag Setrajemen Birorena Polda Sumsel AKBP Sinta SIK berharap agar segera melengkapi dokumen dan persyaratan yang harus dipenuhi.  Lebih jauh AKBP Sinta menjelaskan, perubahan  struktur komando Polri ini juga ahrus mendapat persetujuan dari Men-PAN RB terkait ada perubahn komposisi , penambahan personil dan dukungan anggaran. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.