Obyek Wisata Unggulan Kabupaten OKU Akan Ditata Kembali

oleh -836 Dilihat

Kanalberita.id, Baturaja— Pj Bupati OKU H Tedy Meilwansyah SSTP MM dan rombongan  meninjau objek wisata  Gua Harimau  di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering  Provinsi Sumatera Selatan  Selasa (10/1/2023).

PJ Bupati OKU saat mengunjungi obyek wisata Gua Harimau di Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji Kabupaten Ogan Komering Ulu. Foto Kanalberita.id / Apriansyah
PJ Bupati OKU saat mengunjungi obyek wisata Gua Harimau di Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji Kabupaten Ogan Komering Ulu. Foto Kanalberita.id / Apriansyah

Peninjauan ini sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) untuk menata kembali  sejumlah obyek wisata unggulan. Dimulai dari  Gua Puteri, Gua Hari ini  dan Gua Silabe yang terletak di Kecamatan Semidangaji. Kujungan  ini bertujuan  untuk melihat langsung apa saja yang perlu dibenahi dan dibangun untuk mengembangkan obyek wisata yang ada di Desa Padangbindu.

Baca Juga :  Tahun 2022 IPM Kabupaten OKU Meningkat Dan Angka kemiskinan Menurun

Penjabat Bupati OKU H  Teddy Meilwansyah menyatakan yang paling utama adalah membangun fasilitas inspratruktur khususnya jalan. Dikatakan Teddy kedepan akan  dibahas rencana untuk membangun jalan dan fasilitas pendukung lainnya untuk memajukan obyek wisata ini.  Penjabat Bupati OKU juga menyatakan pihaknya juga akan melakukan paparan dihadapan Gubenur tentang potensi-potensi obyek wisata di Kabupaten berjuluk Bumi sebimbing Sekundang.

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansya SSTP MM MPd  juga didampingi Kadin Pariwisata dan Kebudayaan   Drs H Topan Indra Fauzi MPd melalui sekretaris Pariwisata dan Kebudayaan,  Feri Iswan AP MPA. Ikut serta dlaam rombongan  Camat Semidangaji Emharis suryadi Putra SH, Kapolsek semidangaji Iptu Wahyuddin MSi, Danramil Pengandonan  Kapten Hasan Jabbar Tanjung dan pihak terkait.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah Terima Penghargaan Adhi Bhakti Tani Dan Nelayan Dari KTNA Nasional

Gua Harimau  lebih kurang 500 M dari Gua Puteri  di Desa Padangbindu, obyek ini sangat menarik bagi  wisata minat khusus (peneliti–red)  dan wisatawan umum . Gua Harimau atau  Situs Padangbindu  tempat ditemukan 82 kerangka populasi Austronesia  awal  (cikal bakal manusia sekarang). Di Situs Padangbindu  yang  menjadi pusat penelitian arkeolog  ini kini sudah dilengkapi fasilitas tangga permanen yang  anak tangganya sebanyak 105, saat ini sudah dilengaapi anjungan sehingga memudahkan pengunjung melihat Situs Padangbindu. Agar bisa masuk ke Gua Harimau, pengunjung bisa dipandu oleh juru pelihara gua (jupel) yang sudah terlatih akan memandu perjananan wisata minat khusus ini. Sepanjang perjalaan pemandu akan memerikan informasi seputar Situs Padangbidnu yang sudah terkenal sampai ke Eropa in.

Baca Juga :  Dua Belas Perwira Polres OKU Persiapan Bergeser

Dikesempatan itu bupati dan rombongan  meninjau Museum  Harimau  destinasi wisata sejarah spektakuler di OKU. Museum untuk kepentingan edukatif, penelitian dan reakreatif. Satu-satunya museum purbakala terbesar di Sumatera  ini akan segera dibuka dan dimanfaatkan. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.