Gubernur Sumsel Tanam Pohon Kaliandra Dilingkungan SMBR

oleh -505 Dilihat
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi menanam pohon Kalianmdra Merah dilingkungan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR). Foto dokumen Humas SMBR
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi menanam pohon Kalianmdra Merah dilingkungan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR). Foto dokumen Humas SMBR

Kanalberita.id, Baturaja— Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi menanam pohon Kalianmdra Merah dilingkungan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Acara penanaman pohon Kaliandra bersamaan dengan peresmian Jembatan Sako yang dimiliki oleh PT Semen Baturaja Tbk (SMBR). Hadir pada acara itu Pj Bupati OKU M Iqbal Ali Syahbana SSTP MMP, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) OKU. Dari jajaran SMBR hadir Komisaris Utama Alex Iskandar Munaf dan Komisaris Inosentius Samsul dan seluruh Jajaran Direksi SMBR yaitu Direktur Utama Suherman Yahya, DirekturOperasi Muhammad Syafitri, Direktur (FungsiKeuangan& SDM) Rahmat Hidayat.

Baca Juga :  Bupati OKU Gelorakan Berdonasi Untuk Palestina Di Acara Tuncen Fest 2024, Hanya 30 Menit Terkumpul Rp 292.450.100

Direktur Utama SMBR Suherman Yahya mengatakan, penanaman bibit pohon Kaliandra Merah (Caliandra Calothyrsus) sebagai simbol komitmen terhadap pelestarian lingkungan di Semen Baturaja. Penanaman ini merupakan bagian dari upaya Semen Baturaja dalam mengurangi emisi karbon melalui pemanfaatan biomassa dari tanaman kaliandra merah sebagai bahan bakar alternatif.

Direktur Utama SMBR Suherman Yahya menjelaskan bahwa perusahaan berkomitmen untuk terus mencari solusi inovatif yang ramah lingkungan salah satunya lewat penggunaan EnergiTerbarukan (EBT). “Penggunaan biomassa sebagai bahan bakar adalah salah satu upaya kami dalam mengurangi emisi karbon, dan kami optimis langkah ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060,” jelas Dirut SMBR..

Baca Juga :  Bupati Akan Perjuangkan Nasib Guru Honor Yang Ada Di OKU

Suherman mengungkapkan bahwa perusahaan telah mengidentifikasi potensi biomassa sebesar 46.844,56 ton yang dihasilkan dari total 54,429 vegetasi, termasuk tumbuhan kaliandra merah yang memiliki kalori berkisar 4.100 – 4.200 kilokalori (kkal) yang direncanakan akan dikelola menjadi bahan bakar alternatif subsitusi batu bara atau EBT. “Hingga saat ini, Semen Baturaja telah memiliki 972 tanaman kaliandra merah, dengan target hingga akhir tahun 1.500 kaliandra merah tertanam, dengan potensi perhitungan dapat menyerap hingga 75,93 ton  Karbon dioksida (CO2), ini menunjukkan kontribusi yang signifikan terhadap pengurangan emisi karbon,” ungkap Suherman. (edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.