Baru Dilantik Sebagai KSAD, Agus Subiyanto Siap Jadi Panglima

oleh -682 Dilihat

Kanalberita.id, Bogor— Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Agus Subiyanto menyatakan siap mengikuti proses untuk menjadi Panglima TNI. Nama Agus sebelumnya telah diserahkan Presiden Jokowi ke DPR RI untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Agus menyatakan siap mendapatkan mandat sebagai Panglima TNI. Sebagai prajurit, Agus menyatakan siap menerima tugas apa pun.

“Saya loyal kepada Panglima tertinggi saya, Presiden, karena sebelum di sini pun, saya ditempatkan di mana saja, pernah di Tim-Tim (Timor-Timor). Saya dulu menyelesaikan (tugas) sampai 1999 terakhir di sana, kemudian di Poso juga. Jadi, saya sebagai prajurit siap ditempatkan di mana saja,” ujar Agus saat mendampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Bogor, Jawa Barat, Rabu, (1/11/2023).

Baca Juga :  Dibawah Kepemimpinan Teddy, OKU Raih 3 Penghargaan TOP BUMD Award

Agus berjanji akan meningkatkan profesionalisme prajurit jika nantinya terpilih sebagai Panglima TNI.

“Kami akan buat prajurit yang profesional, riil profesional,” kata dia.

Presiden Jokowi menyatakan telah mengirimkan surat kepada DPR RI soal usulan calon Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono pada pekan lalu. Agus menjadi calon tunggal yang disodorkan oleh Jokowi.

Jokowi pun menyatakan pemilihan Agus karena dia dinilai memiliki semua kriteria sebagai Panglima TNI.

“Pertama beliau kan Wakasad, kemudian menjadi KSAD, tapi kalo melihat jam terbangnya di teritorial, di administratif ini memenuhi semuanya,” kata Jokowi saat tinjau jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Rabu, 1 November 2023.

Baca Juga :  Jampidum Setujui Penyelesaian Perkara Penganiayaan Pada Kejari OKU Secara Restorative Justice

Agus baru menjabat sebagai KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman pada Rabu pekan lalu, 25 Oktober 2023. Pergantian itu dilakukan karena Dudung resmi memasuki usia pensiun.

Kini, Agus Subiyanto akan menggantikan posisi Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun karena berusia 58 tahun pada 26 November mendatang. (ca)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.