, , , , , , , ,

Survei Seismik PHE-Elnusa Sebagai Tools Wujudkan Ketahanan Energi Nasional

oleh -300 Dilihat
Pertamina Hulu Energi (PHE) berkolaborasi dengan PT Elnusa Tbk dalam melakukan penelitian minyak dan gas, melalui Survei Seismik 2D Amalia Extension. Foto dokumen PT Elnusa Tbk.
Pertamina Hulu Energi (PHE) berkolaborasi dengan PT Elnusa Tbk dalam melakukan penelitian minyak dan gas, melalui Survei Seismik 2D Amalia Extension. Foto dokumen PT Elnusa Tbk.

Kanalberita.id, Baturaja—Pertamina Hulu Energi (PHE) berkolaborasi dengan PT Elnusa Tbk dalam melakukan penelitian minyak dan gas, melalui Survei Seismik 2D Amalia Extension. Penelitian Survey Seismik PT PHE-Elnusa ini dilakukan untuk Ketahanan Energi Nasional.

Ada 2184 titik pada Kabupaten OKU dan Kabupaten Muara Enim yang diteliti. Sebelumnya penelitian ini telah melalui tahapan sosialisasi berjenjang di tingkat pemerintahan. Begitu juga perizinan yang diperlukan termasuk diantaranya perizinan lingkungan.

Kepala Peneliti Pelaksana Survei Seismik 2D Amalia Extension Indra Kurniawan menjelaskan kegiatan survei aman dan ramah lingkungan. “Kompensasi yang diberikan juga sesuai ketentuan,”kata  Indra. Penelitian juga tidak memiliki efek berkepanjangan, karena sudah ada penelitian Survei Seismik yang dilakukan oleh instansi akademik diantaranya UNSRI dan IPB.

Apalagi setiap pagi sebelum kru bekerja  senatiasa mengingatkan agar menghindari kerusakan tanaman produktif. Meski diakui dari aktivitas seismik kadang ada yang tak terhindarkan lagi sebab titik-titiknya tidak bisa digeser lagi. Ini bertujuan menghasilkan data seismik yang baik, sehingga diharapkan mendapatkan outcome yang laik untuk menopang ketahanan energi nasional, oleh karena itu survei seismik memerlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU Dan Istri Ziarah Ke Kampung Halaman

Lebih lanjut Indra Kurniawan menyampaikan, kegiatan survei seismik yang dijalankan ini hanya bagian dari tahapan awal eksplorasi migas yang sudah melalui proses perizinan berjenjang. Sifatnya sementara dan sekadar melintas atau numpang lalu, tanpa adanya pembebasan lahan atau penggunaan lahan secara permanen.

Izinnya hanya sampai pada kegiatan seismik, di luar kegiatan seismik akan ada perizinan kembali. Bahkan pada saat pekerjaan survei pun masyarakat masih bisa melakukan kegiatan seperti sedia kala. Kalau ada tahapan lanjutan misalnya pengeboran sumur migas akan memerlukan perizinan, koordinasi dan sosialisasi lebih lanjut ke pihak terkait termasuk masyarakat.

Karena untuk ketahanan energi nasional, ini memerlukan dukungan seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyararakat OKU dan Muara Enim agar survei seismik berjalan dengan lancar. Juga tidak menutup kemungkinan di lahan masyarakat tersebut nantinya akan ditemukan migas yang tentunya akan membawa dampak positif.

Baca Juga :  Pj Bupati OKU Panen Sayuran Bersama Masyarakat

Dijelaskan Indra Kurniawan, pengeboran pada Survei Seismik Dua Dimensi juga menggunakan alat yang sangat sederhana. Karena hanya dipikul oleh tenaga manusia. Bertujuan untuk menempatkan sumber gelombang fisika pada kedalaman yang dangkal dengan diameter lubang sekitar 3 inchi atau sekitar 7 sentimeter saja. Lubang bor itu pun dibuat dengan memperhatikan jarak aman dan diratakan lagi, sehingga tidak berbahaya dan meninggalkan bekas di lahan masyarakat.

Berbeda dengan pengeboran kegiatan eksplorasi dan produksi migas yang membutuhkan alat berat. Sumber gelombang yang digunakan pun ramah lingkungan dan mudah terurai, karena salah satu materialnya terbuat dari nitrat yang merupakan salah satu sumber unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman.

Baca Juga :  PJ Bupati OKU Bersama Forkopimda OKU Cek Pos Sat Kamling

Setelah pengisian sumber gelombang, selanjutnya dilakukan kegiatan perekaman, yang tujuannya memancarkan gelombang yang berinteraksi dengan sifat-sifat dan karakteristik batuan yang ada di bawah permukaan yang dipantulkan dan diterima oleh alat penerima (receiver). Setelah selesai kegiatan perekaman, akan dilakukan pendataan akhir secara langsung di lapangan bersama pendamping desa. Apabila terdapat tanamannya yang rusak akibat kegiatan seismik maka akan didata. Ini menjadi dasar pemberian kompensasi semacam ucapan terima kasih mengacu pada Peraturan Gubernur Sumsel yang berlaku. Hal ini sebagai bentuk bahwa survei seismik bertanggung jawab dan tidak merugikan masyarakat.

Pertamina Hulu Energi dan Elnusa terus berkomitmen menjalankan survei seismik yang merupakan tools dalam menjaga ketersediaan energi nasional. Bukan hanya dengan mengembangkan teknologi dan metodologi terbaik dalam menjalankan kegiatan eksplorasi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, melainkan juga secara sosial.(edo)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.